Jumat, April 22, 2016

SAHABAT SEJATI

( 2 Korintus 6:1-18 )
Firman Tuhan: Janganlah kamu meruupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang yang tidak percaya (ay 14)
Sebagai mahkluk social, kita membutuhkan teman. Semakin banyak teman, semakin baik. Banyak teman banyak rezeki demikian ungkapan banyak orang. Itulah sebabnya jejaring social seperti facebook dan twitter begitu disukai orang. Karena melaluinya orang bisa mendapatkan teman baru dan dapat terus berkomunikasi dengan teman lama yang terpisah jarak dan tempat. Tuhan merancang kita untuk menjadi sesama dengan orang lain. Menjadi sesame berarti lebih dari sekedar berteman. Teman itu hanya sekedar, sedang sahabat memiliki kualitas hubungan yang lebih akrab dan khusus. Dengan memiliki teman kita memiliki banyak hal. Dengan teman kita berbagi segala tekanan kehidupan. Saat senang dan saat sedih, teman bersama kita. Itulah sebabnya Tuhan memanggil kita untuk bersekutu (Ibr 10:24-26). Artinya, setiap orang perlu hidup berdampingan, berinteraksi dan bersilaturahmi dengan orang lain. Tentu ada alasan Tuhan merencanakan manusia hidup seperti itu. Antara lain, melalui teman-teman kita mendapatkan banyak pemikiran baru, wawasan baru serta arah hidup yg semakin selaras dengan jalan Tuhan. Orang dunia berkata: “Banyak teman banyak rezeki. Tetapi Alkitab berkata, janganlah menjadi pasangan yg tidak seimbang dengan orang yang tidak percaya. Artinya Takut Tuhan merupakan kriteria orang yang layak menajdi teman. Artinya sebagai gereja kita harus membuat semua orang menjadi teman pewaris kerajaan sorga, tetapi dari sudut kekudusan kita dipanggil bersekutu dengan orang yg taat Tuhan.

John Maxwell mengatakan, paling tidak 4 kriteria orang yg layak dijadikan sebagai teman, yaitu:
1. Kita membutuhkan teman yang suka bicara positif setiap hari
2. Kita membutuhkan teman yg bersikap jujur dan suka berterus terang
3. Kita membuthkan teman yg memiliki iman yg kuat
4. Kita membutuhkan teman yg percaya kepada mujizat.

Banyak teman banyak rezeki. Tidak mempunyai teman, hidup pasti lebih sulit. Meskipun demikian kita harus memilah-milah teman berdasarkan iman dan perilaku. Kitab mazmur mengatakan bahwa kita tidak boleh berjalan, berdiri dan duduk dengan orang berdosa, pencemooh dan orang fasik. (Mazmur 1:1-3) Kenapa demikian? Alasannya ialah, karena cepat atau lambat pikiran dan perilaku mereka yg buruk dapat mempengaruhi kita. Artinya hukum sepergaulan sangat menentukan sukses atau tidaknya seseorang. Sahabat sejati bukan hanya ingin didengarkan tetapi juga setia mendengarkan. Ia tidak boleh mengeksploitasi perasaannya untuk memepngaruhi yg baik melainkan menjadi motivator kebaikan. Tuhan Yesus mengatakan: “ Tidak ada kasih yg lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya utk sahabat-sahabatnya. Artinya , kualitas seorang sahabat tidak dapat dipisahkan dari sikap rela berkorban kepada temannya. Dalam hidup makmur kita tetap menjadi teman untuk orang lain dan saat teman hidup dalam susah kita dipanggil untuk tetap menjadi sahabat bagi orang tersebut. Itulah salah satu tanda utama sekaligus tujuan kita menjadi seorang pengikut Yesus Kristus. Amin (doaku menyertai saudara, Pendeta Haposan R Hutapea STh, MA)



Shalom saudaraku yang diberkati Tuhan Yesus Kristus.
Jika saudara rindu mengembalikan milik Tuhan untuk membantu pelayanan kami, kirimkan Persembahan anda ke rekening GBI Aletheia Pamulang di BCA nomor: 4731438557, a/n Tenni kimin/Haposan.
Jika saudara menyadur renungan ini untuk warta gereja, secara etis teologis anda tentu rindu untuk saling memberkati dengan membantu pelayanan kami, sebab kami masih ber- ibadah di RUKO sewa, Tuhan Yesus Memberkati.

MOTTO PELAYANAN GBI ALETHEIA PAMULANG
RESPONSIVE, COMPREHENSIVE, TRANSFORMATIVE, INNOVATIVE (RCTI)

Responsive
Setiap kebutuhan Pelayanan anggota jemaat diusahakan dipenuhi tanpa
memihak. Karena selain memiliki tanggungjawab kepada gereja, anggota
jemaat pun memiliki hak untuk dilayani oleh gereja

Comprehensive
Seluruh bentuk penggembalaan bersifat solutive, bebas dari segala bentuk pertimbangan yang bersifat subyektif. Mendampingi,Menghargai, memberdayakan mereka yang terlupakan

Transformative
Jemaat Aletheia dirancang menjadi jemaat yang innovative sekaligus creative.
Tdk menutup diri terhadap sgl bentuk perkembangan yg menuju kpd kebaikan.
Jemaat Aletheia adalah ’umat’ , berarti semua anggota memiliki hak yang sama
Transparan dalam segala dimensi pelayan

Innovative
Jemaat Aletheia dirancang melakukan inovasi dalam Organisasi, Pelayanan
Dan Perbendaharaan gereja,sehingga mampu bertahan di segala bentuk tantangan
pelayanan sekaligus Unggul dalam Mewujudkan Kemuliaan bagi Nama Tuhan.

Jika anda diberkati melalui Renungan ini salurkan donasi anda utk mewujudkan impian sidang jemaat Tuhan GBI ALetheia Pamulang, memiliki Gedung tempat ibadah sendiri dengan mengikuti program rp 10.000 untuk Tuhan,. Kirimkan donasi anda ke BCA. No: 0671025708.


Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...