Selasa, Oktober 18, 2016

SIAP DIBERKATI


 (KOLOSE 3:12-25)
Dan segala sesuatu yg kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita (ay 12).
Memiliki keinginan itu baik, bahkan harus!! Sebab dgn memiliki keinginan, orang akan termotivasi melakukan sesuatu. Namun cara orang untuk meraih sesuatu itu tidak sama. Ada golongan yang meraih keinginan dengan sesukanya sendiri. Bagi orang tersebut aturan-aturan tidak begitu penting. Norma-norma diukur dari hasil, bukan proses. Golongan Selanjutnya ialah, golongan yang menganut aturan berdasarkan cara orang banyak, ikut arus. Untuk Orang seperti ini nilai tidak penting. Golongan yang ketiga ialah, orang yg menganut cara kerja  berlandaskan ajaran Tuhan, yaitu Alkitab. Bagi orang seperti ini, hasil memang perlu tetapi prosesnya tidak boleh dikesampingkan. Ia membangun hidupnya dengan ajaran Tuhan. Ia percaya metode Tuhan adalah metode terbaik. Ia memahami,  Tuhan memanggil umatnya untuk melakukan sesuatu dengan caranya Tuhan, dan menikmati hasil sesuai dengan kehendak Tuhan. Ia sangat memahami kemudian taat melakukan firman Tuhan yg tertulis di Kolose 3:23-24: apapun yang kamu per buat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu.
Ada 4 hal yang kita temukan dari firman Tuhan tersebut, yaitu :
1.Jika kita mengejar keinginan dgn cara yg Alkitabiah, maka kita akan mendapatkan upah dari Tuhan. Upah yg dari Tuhan berarti, langgeng, luar biasa dan menjadi berkat.
2.Kita harus mengejar impian dengan semangat dan optimis. Walau jalan terasa sulit, sarat rintangan dan berliku, kita harus terus maju. Tuhan menyertai kita disepanjang jalan yg kita tempuh (Matius 28:19-20).
3.Walau orang lain berhenti karena tak ada harapan, kita tetap berjuang maju karena pelita orang percaya tetap menyala. Hal itu berarti kita bekerja dengan perencanan yang matang dan  persiapan yang memadai sekaligus bekerja sama dengan orang lain. Jujur dan tulus. 
4.Didalam Tuhan, kita adalah pejuang.  Didalam dunia ini tidak ada yang bebas hambatan, tidak ada yang mudah. Tetapi oleh karena Tuhan dan karena kita hidup di dalam Tuhan medan yang berat terasa ringan, persaingan yang tajam menjadi pelangi yang menyegarkan, sekaligus menjadi penggerak potensi yang hebat. 
Melalui renungan ini Tuhan menyampaikan dampak positif tantangan orang Kristen, yaitu
Segala bentuk tantangan, mendorong kita untuk selalu mempersiapkan diri dengan matang dan bertekun mencari strategi yang benar mencapai tujuan. 
Tantangan menodrong kita untuk terus belajar, kreatif dan bertindak conprehensif. 
Tantangan yang semakin besar akan menggerakkan kita aktif mengajak pejuang lain berjuang dan menang bersama. Sehingga dengan Langkah mantap menggegap kita maju bersama menuju kemenangan didalam Tuhan. Berjuang sendiri hasilnya pasti minim, tetapi berjuang bersama orang lain dan bersama Tuhan hasilnya pasti siginfikan dan dahsyat. 
Tantangan mendorong kita untuk terus menggali akal dan ketrampilan yang kita meliki sehingga membuahkan hasil yg berlimpah. 
Saudara, kita dipanggil untuk selalu memikirkan kemungkinan-kemungkinan dan  mempersiapkan alternative-alternative sebagai bentuk antisifasi. Sehingga, bersama dengan Tuhan segala sesuatu mungkin. Sebab untuk orang yang selalu berjuang, Tuhan tidak pernah tinggal diam, Amin.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...