Sabtu, November 24, 2012


Menikmati Tuaian yang Besar
(Yohanes 4:35-38)

Lihatlah sekelilingmu dan pandangilah lading-ladang yang sudah menguning dan matang untuk dituai.           
Firman Tuhan mengatakan,  setiap orang Kristen adalah kawan sekerja Allah (1 Kor 3:9) Artinya, setelah menerima karya penebusan Kristus, orang percaya menerima mandate untuk melanjutkan tugas penyelamatan dunia ini. Dalam nats diatas dikatakan ladang tersebut ialah dunia ini dan keadaannya sudah menguning dan matang dituai (Mat 13:38). “Matang untuk dituai” berarti membutuhkan gerak cepat dan kerja sama. Terlambat sedikit, akan menjadi busuk. Kemalasan harus disingkirkan, kerja keras harus dioptimalkan dan lumbung besar harus disediakan, maka sorak-sorai pun akan dikumandangkan, di bumi dan di sorga. Zaman ini adalah waktu penuaian itu. Dan setiap Orang Kristen dipanggil  bergerak memberi waktu dan tenaganya.

Kalau ada yang dituai, berarti ada yang ditabur. Sebelum ditabur ada yang  mengusahakan. Sementara yang memberi pertumbuhan adalah Tuhan sendiri. Tugas orang Kristen bermula dari mengusahakan tanah,  menabur benih, menyiram dan menuai. (1 Kor 3:5-9) Seorang pekerja membajak tanah, yang lain menabur benih dan yang lain merawat. Dengan berlalunya waktu, tanaman itu bertumbuh, menghasilkan buah, lalu pekerja yang lain menuai dengan sukacita. Dan karena Tuhan telah menetapkan manusia melayani di bumi ini, semua harus dilakukan di bawah kendali kuasa dan berkat Allah, tanpa itu manusia akan mengalami kegagalan. Ia menghendaki agar setiap jemaat menghasilkan buah Roh (Gal 5:22-23), hidup kudus (Rom 6:22), suka memberi (Rom 15:26), penuh dengan pekerjaan baik (Kol 1:10), bersyukur kepada Allah (Ibr 13:15) dan membawa jiwa-jiwa kepada Kristus (Rom 1:13). Oleh sebab itu, untuk menjadi penuai-penuai haruslah orang yang sudah lahir baru. Orang yang lahir baru adalah orang yang mengerti akan kehendak Tuhan, dan orang yang mengerti kehendak Tuhan adalah orang yang berserah kepada Tuhan, dan orang yang berserah kepada Tuhan adalah orang yang ikut menuai, dan ia pasti menimbulkan sorak-sorai disorga Haleluyah.!!! 
Setiap kita memiliki aktiftas. Baik yang kita lakukan dirumah maupun diluar rumah. Tidak peduli pekerjaan apapun yg kita lakukan, kita sedang menabur benih dan satu ketika akan kita tuai. Semakin luas lahan yg kita usahakan dan semakin banyak benih yg kita tabur, semakin berlimpah yg akan kita tuai. Artinya, jika kita melakukan pekerjaan Tuhan, maka Tuhan akan selalu campur tangan didalam setiap bentuk pekerjaan yang kita lakukan didalam kebenaran. Mari, masuklah dalam tuaian yang besar sekaligus benar dan nikmatilah berkat Allah yg besar dan yang tak berkesudahan, Amin



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar