Jumat, Agustus 26, 2016

INTEGRITAS ALA MARIA

Lukas 1: 1-50
Kata Maria, sesungguhnya aku ini hamba Tuhan jadilah padaku menurut perkataanmu itu (ay38)
Menjadi berkat besar di proyek Tuhan yg besar merupakan kehendak TUHAN kepada setiap orang
percaya! Proyek yang besar itu ialah, merampas orang dari neraka! Merampas orang dari neraka 
berarti membawa mereka kepada Kristus, sekaligus menuntun setiap orang percaya menikmati hidup kemenangan . Itulah proyek besar yang menghasilkan berkat besar. Bagaimana cara supaya kita mampu melakukan Proyek besar tersebut? Melalui nats di atas kita dapat melakukannya melalui dua hal:
1.   Taat Seperti Maria
Kalau kita berkata “percaya”, maka percaya itu harus taat. Dan ketaatan tersebut harus nyata di dalam kehidupan setiap hari menjalani kehidupan praktis, melalui ethos dan semangat kerja yang diatas rata-rata. Percaya itu dimulai dari hati, kemudian pikiran, dan kemudian tindakan. Dirancang bermula dari seorang pribadi kemudian keluarga dan dari sana mengalir terus sampai ujung bumi. Orang yang mengaku percaya adalah orang yang mempercayai Tuhan itu ada. Artinya percaya itu bukan hanya sebatas ritual semata, bukan pula sekedar memiliki banyak karunia. Percaya adalah sebuah proklamasi iman sekaligus sebuah demonstrasi gerakan perubahan hidup yang lebih baik.  
Percaya dan berkarya didalam Tuhan Yesus Kristus bermanfaat besar dan sangat menentukan. Sebab jika hanya  mengaku percaya dan sarat dalam eforia semata akan sama dengan orang Farisi dan ahli Taurat. Sebaliknya  bersaksi tanpa percaya melalui perubahan hidup akan cenderung menjadi batu sandungan. Yang satu menuntun kepada penyesatan, yang satu lagi menuntun kepada kebinasaan, keduanya mencelakakan. melainkan ter implementasi saat berelasi, mampu ber-empaty, suka memberi dan membuang segala bentuk kepentingan diri sendiri. Percaya itu tulus, menghargai orang lain dan memiliki kepekaan  terhadap bisikan ilahi. Dan Tuhan memberikan kekuatan, kuasa dan apresiasi untuk setiap orang yang masuk visi Ilahi tersebut. Maria berkata, “Jadilah padaku seperti yg engkau perkatakan” itulah esensi ketaatan.
2.  Berbuat Seperti Maria
Mahkota seorang wanita (gadis) adalah kegadisannya, karena itu harus dijaga sampai menikah. Dan kemuliaan wanita adalah kandungannya, sebab itu jangan sampai menggugurkan buah kandungan. Dua-duanya merupakan kebanggaan dan kehormatan seorang wanita. Wanita yang sanggup menjaganya sungguh mulia, yang meremehkannya sungguh terhina. Dan Maria menjadi wanita mulia karena memberikan kegadisan serta kandungannya kepada Tuhan dan Misi Allah yg besar. Maria Mempersembahkan yg terbaik yaitu masa gadisnya, dan buah sulung kandungannya sebagai seorang wanita. Bahkan nyawanyapun dipertaruhkan. Sebagai orang yg mengaku percaya Maria siap melakukan perkara  besar dengan korban besar. Allah itu Maha Besar maka orang percaya dipanggil mekukan hal-hal yg besar demi kesejahteraan dan  penghargaan kepada manusia, yakni: kebebasan rohani dan jasmani. Di dalam hidup orang seperti itu akan selalu nampak keadilan, damai, kerjasama, setia kawan dan rela berkorban. Ia selalu rindu memberi dengan tersembunyi dan tanpa hitung2an.
Percaya kepada Tuhan dan berkarya didalam Tuhan Yesus Kristus sangat bermanfaat besar dan menentukan. Sebab disitu nampak integritas. Perkataan dan perbuatan selaras. Sebaliknya  bersaksi tanpa percaya melalui perubahan hidup akan cenderung menjadi batu sandungan. Yang satu menuntun kepada penyesatan, yang satu lagi menuntun kepada kebinasaan, keduanya mencelakakan. 
Menjadi berkat besar melalui  karya yg besar bermula dari relasi dengan Allah yang Maha besar. Keintiman dengan YANG MAHA BESAR menghasilkan Inovasi, Passion dan atitute yg diatas rata-rata sehingga menjadi Berkat besar, Amin. (Doaku menyertai saudara, Pdt. Haposan Hutapea, STh)

Doa: Tuhan Yesus Kristus,berikanlah hambamu kemampuan utk senantiasa memberikat yang terbaiki buat engkau, Terpujilah namaMu Tuhan, Amin,

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...