Kamis, November 03, 2016

YANG MAHA KUASA BESERTA KITA

Yohanes 16:1-15
   Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu (ayat 15)
Roh kudus adalah motivator dan inspirator  orang percaya. Saat Roh kudus hadir dan berkuasa di dalam diri orang Kristen, orang Kristen akan mengerti Kehendak Allah dan semakin berniat melakukan nya. Dan melalui firman-Nya Dia menegur, mengingatkan bahkan memberi penghiburan sekaligus tuntunan yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kehadiran Roh Kudus, Tuhan menyertai kita sampai kepada kesudahan zaman. Itulah sebabnya betapa penting hidup kita  dipimpin oleh Roh Kudus, jangan sampai kita yang memimpin Roh kudus! Kita hars ingat, Roh Kudus itu adalah satu pribadi yakni pribadi ketiga dari Allah yang Esa. Sebuah pribadi tidak mungkin dibagi-bagi. Kita tidak boleh membuat Roh Kudus itu seperti benda yang dapat dibagi sesuka hati. Kalau Dia hadir, Dia hadir dalam keutuhan-Nya sebagai pribadi Ilahi (Yoh 16:7-8), Haleluyah...!
Menerima dan dipenuhi oleh Roh kudus merupakan syarat mutlak mengalami kepenuhan Allah dan menikmati hidup berkemenangan (1 Yoh 4:13-16). Hal itu berarti setiap orang harus hidup di dalam  persekutuan serta kekudusan dan termotivasi hidup di dalam kebenaran. Aplikasinya ialah hidup berpulih dengan orang lain dan dipenuhi kasih sayang. Artinya, dengan Roh Kudus, setiap orang selalu merindukan persekutuan dengan Allah, rajin ke gereja, rindu melayani dan sanggup mengampuni  sesama. Bersama dengan Roh Kudus setiap orang akan selalu mencondongkan hatinya untuk mengamalkan kebaikan, membuka hatinya untuk mengakui kelebihan orang lain dan menerima kekurangan sesamanya.
Sebagai orang Kristen, kita pasti rindu dipenuhi Roh kudus sekaligus rindu Roh kudus itu bermanifestasi dalam kehidupan kita. Sebaliknya kita harus rindu menghasilkan buah roh sebagai bukti bahwa kita telah dipenuhi oleh Roh kudus. Salah satu caranya ialah dengan membiarkan diri kita diperalat Roh kudus, jangan sampai kita yang memperalat Roh itu. Selanjutnya, saat mendengar suara-Nya mari membuka hati dan membuang segala ego dan pertimbangan diri yang keliru. Di akhir zaman ini betapa penting kita dipimpin oleh Roh kudus. Sebab filosofi dunia ini begitu luar biasa merasuk dalam kehidupan  umat Tuhan. Filosofi dunia tersebut membuat pola piker, cara hidup, cara berkeluarga, cara bergereja menyimpang dari tujuan Tuhan Yesus Kristus.
Saudara, sebagai orang yang percaya, kita yakin Roh kudus ada didalam hidup kita. Oleh sebab itu mari mengkaji ulang kembali cara hidup yg kita anut, keputusan yang kita anggap hebat serta rencana yang kita anggap brilian. Teduhkan hati dan dengarkan dengan taat suara Roh kudus yang lembut itu. Ingatlah, satu-satunya  rahasia untuk menikmati terobosan, kemenangan serta jaminan-Nya yang kekal adalah dengan mengetahui sekaligus melakukan yang Tuhan kehendaki (Kolose 2:3),  Amin.


Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...