Jumat, Maret 04, 2016

B e r g e m b i r a l a h

( Zakharia 9:9-10 )
Bersorak-soraklah dengan nyaring hai putri Sion, bersorak-soraklah hai puteri Yerussalem
“Bergembiralah”, adalah sebuah kalimat bernuansa perintah. Tuhan menghendaki setiap umatnya bergembira. Hal itu tertulis di dalam kitab Mazmur 37:4, “dan bergembiralah karena TUHAN, maka Ia akan memberikan kepadamu apa  yang diinginkan hatimu”. Nats ini mengadung tiga hal, yakni sebuah kesaksian, himbauan utk turut serta dan janji kepuasan akan berkat Tuhan. Selain mengandung nubuatan, ayat tersebut merupakan sebuah pengalaman iman dari orang yang mendapatkan insfirasi wahyu firman Tuhan. 
Ratusan tahun kemudian nubuatan firman Tuhan tersebut kembali datang. Kali ini melalui Nabi Zakharia. Melalui Zakharia. Di ayat tersebut selain sebagai sebuah perintah,  dituliskan juga alasan mengapa harus bergembira juga alasan mengapa harus ikut ajakan tersebut, yakni karena “Rajamu” telah datang. Kehadiran Raja tersebut menjadi sumber dan alasan kita bersukacita, Haleluya. Raja itu berati Raja yang baik, bijak dan penuh kuasa. Raja itu membawa kabar baik bahkan berkat yang berkelimpahan. Dia bukanlah dictator yg lalim dan haus darah dan permata, melainkan Raja yang berlimpah kasih, rahmat dan sejahtera, Haleluya…! 
Setelah itu tiga ratusan tahun kemudian nubuatan tersebut diwujud nyatakan (Lukas 2:8-20). Padang Efrata yg gelap jadi terang benderang. Padang yang sunyi dan malam yang dingin menjadi semarak. Pujian kegembiraan berkumandang. Para malaikat sorgawi membuat konser yg fenomenal. Yang diberitakan adalah wujud dari semua nubuatan mulai dari Taurat, Daud, Yesaya dan Zakharia dan Nabi-nabi kecil lain. Dia yang adalah sumber kegembiraan sejati sudah memenuhi janj-Nya. Dia adalah Raja yang dijanjikan, Penguasa Sorga dan bumi yang tak terbantahkan. Raja segala Raja, Allah yang Perkasa meninggalkan kemuliaan-Nya dan melawat kita umat-Nya, haleluyah. Maka bergembiralah............... !!.


foto dari fb Nurlince
Bergembira, merupakan sebuah kebutuhan jiwa setiap orang. Karena itu  orang berusaha menemukan berbagai cara untuk mendapatkan kegembiraan tersebut. Bahkan tidak sedikit pergi keberbagai tempat untuk mendapatkannya. Tetapi semuanya hanya kegembiraan semu bahkan tidak sedikit yang menjadi korban penderitaan yang semakin dalam. Tuhan mengetahui kebutuhan manusia tentang kegembiraan sekaligus mengetahui usaha manusia yang justeru membuat manusia semakin jauh dari sumber sejati kegembiraan. Itulah sebabnya Yesus Kristus hadir melalui Peristiwa Natal di Betlehem. Natal mengajak manusia untuk meraih gembira yang sejati dengan cara yang mudah dan benar. Natal mengajak Umat bergembira dengan turut bernyanyi bersama malaikat di padang Efrata: “Hai dunia gembiralah………. !. Inilah saatnya umat-Nya bergembira. Umat dapat bergembira karena dibebaskan dari cengekraman dosa,  dilepaskan dari ikatan setan bahkan diangkat menjadi anak anak Allah. Tetapi harus diingat bahwa Natal sejarah hanya momentum kegembiraan yg dirancang Allah. Semangat dan esensi Natal itu harus berlanjut diseluruh hidup manusia.  Kegembiraan tidak boleh terjadi hanya saat beribadah saja. Kegembiraan juga harus terus hidup dan diekspresikan setelah keluar dari ibadah gereja. Umat akan gembira keluar dari gedung gereja karena dirumah ada yang dimakan. Mereka akan terus bergembira karena ada sumber penghasilan. Mereka bergembira karena anak-anak dapat sekolah dengan leluasa. Itu adalah tugas gereja Inilah terjemahan sederhana visi Tuhan kepada GBI Aletheia Pamulang. Dan kita dipanggil untuk mewujudkan hal tersebut. Inilah arah yang harus di tempuh semua bentuk pelayanan gerejawi!!
Saat berjalan ditujuan yang harus kita tempuh tersebut, banyak hal yang akan kita alami. Dan itu berpotensi merampas gembira kita. Perasaan marah dan kecewa dapat menguasai hati kita. Itulah sebabnya kita perlu terus memandang kepada Tuhan Yesus Kristus. Dia Imanuel, menyertai kita. Dalam segala keadaan kita diajak mengandalkan Tuhan dan diajak untuk selalu meyakini bahwa Dia Raja kita yang penuh rahmat. Perasaan marah dan kecewa harus sedini mungkin kita lenyapkan.
Apakah anda rindu dipenuhi kegembiraan yang benar dengan cara yang benar? Mari, datang dan nikmatilah aliran  kegembiraan dengan mewujudkan Visi Tuhan di GBI Aletheia Pamulang, Buatlah itu juga menjadi visi spiritual saudara. Anda pasti dipulihkan, Haleluya, Amin.



Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...