Sabtu, Februari 21, 2015

TUHAN BERKUASA, JANGAN RAGUKAN ITU !!!

                                 Fakta, Tuhan Hidup dan Berkuasa
                                  Kejadian 1:1-31
Banyak orang bilang, hidup ini identic dengan persoalan  Ada pesoalan biasa ada juga persoalan yang luar biasa. Persoalan biasa umpamanya, masuk angin, sakit kepala, kecewa, putus cinta atau kehabisan uang belanja. Sedangkan persoalan yang luar biasa umpamanya yg berkaitan dengkan  massalah rumah tangga, kemalangan, kena musibah, kena bencana alam, wabah menular, menjadi korban PHK, peperangan dan kelaparan. Semua orang dapat mengalami persoalan tersebut tidak terkecuali dengan orang Kristen. Kenyataan demikian tentu dapat menimbulkan pertanyaan dalam diri orang percaya: “apa bedanya orang Kristen dengan orang yang bukan Kristen?” Oleh sebab itu kita perlu meninjau persoalan dari presfektif iman kristiani, yaitu:
1.   Didalam iman Kristen, persoalan itu adalah sebuah proses pendewasaan. Tujuannya ialah untuk mempersiapkan umat menerima haknya sebagai ahli waris. Orang Kristen adalah ahli waris Allah, dan kedewasaan merupakan salah satu syarat utama untuk menerima warisan tersebut.  Itulah sebabnya Tuhan memberi pelajaran, didikan , disiplin dan pengalaman untuk menjadi dewasa. Dan pendewasaan itu biasanya dikreasi melalui persoalan-persoalan dalam hidup sehari-hari. Diharapkan, kita menjadi seorang pribadi yg kokoh, mandiri, dan tak tergoyahkan (Why 3:12)
2.    Didalam iman Kristen, Persoalan adalah bagian rencana Allah. Tuhan ingin melihat kesetiaan, kesungguhan, totalitas dan daya tahan umat-Nya. Tujuannya ialah Tuhan ingin memberikan kepercayaan untuk menerima bagian dari berkat dan visi dan kuasa-Nya yang dahsyat. Tuhan mengetahui tantangan hidup dimasa depan yg membutuhkan kekuatan sebagai orang dewasa, maka DIA memberikan gemblengan dengan cara-Nya sendiri  supaya melalui hal tersebut kita mendapat kebaikan-Nya. (Roma 8:28)

3.  Didalam iman Kristen, Persoalan itu sebagai hukuman. Tujuannya ialah supaya umat Tuhan yang jatuh kedalam dosa sadar akan perbuatannya sehingga bertobat dan tidak semakin terperosok diddalam penderitaan karena dosa tersebut. Dalam konteks seperti ini, Tuhan menghendaki umat-Nya yang sedang mengalami persoalan berseru-seru kepada-Nya sehingga mendapatkan kemenangan, jalan keluar dan kebahagiaan (Maz 107:10-22)..., haleluya
Kalau demikian Apa yang kita lakukan, supaya ketika persoalan datang, kita tetap teguh didalam Tuhan. Melalui firman Tuhan ini kita menemukan hal-hal yang sangat mendasar yg perlu kita yakini, yaitu:
Pertama, Tuhan itu Maha ada, hidup dan berkuasa (Kej 1:1-2), jgn ragukan hal itu!!!
Kedua, Tuhan itu Maha Pencipta dan pemilik segala sesuatu. (Kejadian 1:3-23), percayalah, DIA akan memelihara engkau dan seisi rumah tanggamu
Ketiga, Tuhan itu merencanakan umatNya, hidup sejahtera, damai dan bahagia (Kejadian1:24-29), yakinlah, DIA merancang masa depanmu sejahtera dan bahagia
Keempat, Tuhan itu selalu melakukan yg terbaik dan menghendaki umatNya melakukan yang terbaik pula (Kejadian 1:30-31), peganglah hal itu dan yakinlah !!
Dari uraian diatas, kita dapat menarik sebuah kesimpulan, percaya dan mengikut Tuhan itu tidak pernah sia-sia. Itulah sebabnya, saat kita menghadapi persoalan    tetaplah tenang, percaya dan berserah. Sebab jika kita sungguh-sungguh mengikatkan diri dan satu Roh dengan Bapa sorgawi, Dia akan hadir dan berkuasa untuk menopang serta membawa kita masuk dalam kemuliaan yang dahsyat. Intinya, jika kita setia, maka kita akan melihat perbedaan orang benar dengan orang yang tidak benar (Maleakhi 3:18), Puji Tuhan , Amin (Pdt H R Hutapea, STh, MA)


Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...