Minggu, Mei 22, 2016

MUDAH TETAPI BESAR MAKNA

Yakobus 4:1-10
Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa (ayat2b)
Doa itu mudah tetapi sarat makna. Doa itu sederhana tetapi dahsyat kuasa. Doa itu perlu tetapi orang enggan. Doa itu perintah Allah, tetapi dianggap diluar logika. Doa itu tanda orang beriman tetapi disepelekan. Doa itu selalu actual tetapi dianggap ketinggalan zaman. Doa itu sangat fundamental sebab itu jangan diabaikan. Giatlah berdoa, tekunlah melakukannya sebab perannya sangat menentukan. Dengan berdoa kita mengatasi stress. Dengan berdoa kita mengundang imfartasi Tuhan. Dengan berdoa iman kita selalu tumbuh dan semakin mekar. Untuk setiap orang yang giat berdoa sumber tak akan pernah berhenti, hujan pasti berakhir pelangi. Banyak berdoa banyak berkat, banyak berdoa pintu solusi selalu terbuka, haleluya !! Untuk setiap orang Kristen yang tekun berdoa, tak ada jalan yang terlalu gelap, tak ada pula jurang yang terlalu dalam. Tak ada rimba yang tak tersingkap tak ada samudera yang tak terseberangi. Ada hasil dan mukjizat bagi setiap orang yang berdoa. Dengan berdoa kita bersyukur dan berseru. Dengan berdoa kita bersaksi dan memuji yang Mahatinggi. Doa itu berdimensi luas. Murah, mudah tetapi berlimpah makna. Berdoalah karena doa itu pesan Tuhan., Haleluya!!
Dari manakah datangnya minat untuk berdoa itu? Minat berdoa itu timbul karena menyadari ada oknum yang mengatur segala sesuatu, dan oknum itu sangat besar kuasa. Kita yakin Oknum itu yang menciptakan segala sesuatu dan yang mengatur perputaran bumi ini dan Oknum yang mahakuasa tersebut adalah Tuhan Yesus Kristus. Kesadaran ini menggerakkan kita membuat aktivitas ritual dengan berdoa. Hal yg sama juga ditemui oleh Paulus di lakukan penduduk Atena kepada allah yang tidak dikenal (Kis 17:22-26).
TUHAN ingin manusia itu menyembah Allah yang benar. Dia pun ingin semua orang menyembah Dia dengan cara yang benar yakni dengan Doa didalam nama Tuhan Yesus Kristus. Minat berdoa selanjutnya ialah karena manusia menyadari selain ada Oknum yang baik dan yang Mahakuasa, juga sadar ada oknum jahat. Sadar bahwa dirinya terbatas dan tidak berdaya dengan kekuatan diri sendiri, manusia berdoa agar dilindungi dari yang jahat tersebut. Memang salah satu sifat berdoa adalah mohon pertolongan bagi setiap orang yang berbeban berat. Tuhan mau supaya setiap orang merendahkan diri dan berdoa. Doa tanpa kerendahan hati adalah doa yang sia-sia. Orang Kristen bukan tidak berdoa. Mereka berdoa, tetapi dosa tinggi hati jalan terus, akibatnya Tuhan tidak berkenan.
Alasan orang berdoa selanjutnya ialah karena merindukan persekutuan dengan TUHAN. Doa adalah jalan mendekat dan berkomunikasi dengan Tuhan. Dengan doa, Tuhan berkenan dihampiri dan Dia mengkedangkan Tangan-Nya untuk memberkati setiap pribadi yang berdoa. Jika tidak ada doa, hadirat Allah jauh, iblis menjadi leluasa mengacaukan hidup kita. Doa membangun diri dan membuat iman  semakin bertumbuh kuat dan memiliki daya tahan. Doa memelihara kasih yang menyala kepada Tuhan. Dalam nats diatas dituliskan, orang yang tidak berdoa tidk mendapat apa-apa. Artinya, semua yang kita cari didunia ini adalah miliknya Tuhan Yesus Kristus. Jika kita berdoa sambil berjuang, maka kita akan mendapat banyak.  Kalau begitu baiklah kita terus tekun berdoa,  AMIN.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...