Sabtu, September 16, 2017

TERSENYUMLAH

A M S A L  3:1-6
Setiap orang rindu menikmati hidup yg bermakna. Hidup yang bermakna artinya hidup yang pasti dan hidup yang berkemenangan. Kuaitas hidup seperti itu selaras dengan rencana Tuhan Yesus Kristus untuk umat-Nya. Itulah sebabnya Dia hadir dan memberikan diri-Nya. Artinya dari sudut Tuhan semuanya sudah disediakan, yang kurang hanyalah resfon kita terhadap janji Tuhan tersebut dan sikap kita terhadap cara Tuhan mewujudkan janji-Nya. Sebab itu melalui renungan hari ini, kita menemukan tiga hal untuk menikmati janji Tuhan.
Pertama, Mendengar dan mengikuti ajaran yang bermakna. Apa hubungannya ajaran atau perintah dengan panjang umur yg sejahtera? Nasehat kudus itu adalah sumber dari ajaran yg sehat. Di nasehat kudus ada petunjuk hidup tenang, petunjuk hidup bersih, petunjuk pola makan yg benar dan petunjuk makanan yg berguna, petunjuk untuk hidup aman, petunjuk untuk hidup berbahagia, petunjuk cara mendapatkan rezeki yg benar dan besar sesuai kapasitas diri masing2. Selain itu kita juga diberi petunjuk hidup awet muda serta petunjuk untuk hidup berkemengan, dan lain lain. Itulah sebabnya hidup dengan nasehat kudus yakni Firman Allah itu sangat penting dan orang yg hidup didalamnya adalah orang yg sangat beruntung. Disebut beruntung karena rahasia menikmati hidup yang sejati ada didalam genggaman. Diriku ingin panjang umur dan  sejahtera. Bukankah dirimu juga ingin menikmati hal yg sama?
Kedua. Mengembangkan kasih dan belajar setia. Menerima penghargaan dan kasih merupakan sebuah kebahagiaan karena hal itu merupakan kebutuhan natural setiap orang. Tetapi menerima kasih dan penghargaan dari Allah adalah sebuah kemuliaan yg tak terukur, hebat dan berdampak. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Ternyata diawali dari komitmen seseorang utk menumbuh kembangkan karakter kasih dan setia secara sadar dan terus menerus. Artinya jika diriku dan dirimu menabur dan menumbuhkan kasih dan berlaku setia, maka kita akan menuai hal yg sama. Kembangkanlah belaskasih dan setialah melakukannya dan berbahagialah, Haleluya.. 
Ketiga. Berusaha Mengenal Tuhan dengan benar. Sebagai orang Kristen anda tentu percaya Tuhan itu ada dan berkuasa. Namun kepercayaan itu seringkali hanya berdasarkan pengertian sendiri semata. Bahkan tidak sedikit orang Kristen memiliki iman berdasarkan warisan. Karena orang tua Kristen maka kitapun Kristen. Tidak salah, tetapi tidak cukup hanya disitu saja. Dibutuhkan perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan sehingga kita sungguh mengenal Tuhan dalam kasih-Nya, mengenal Tuhan dalam rencana dan kuasa-Nya, mengenal Tuhan itu sebagai Allah yg Maha transenden sekaligus immanent. Kita mengenal Keadilan-Nya sejalan dengan kasih-Nya itu secara utuh. Kita harus menyadari bahwa kasih dan keadilan Allah itu sejalan. Mengenal dan mengakui Dia dalam segala gerak dan pikiran kita merupakan satu satunya cara utk memastikan jalan hidup kita lurus dan bermuara di lumbung berkat yg benar. Mari, ijinkan Tuhan menguasai pikiranmu supaya Kuasa-Nya bergerak semakin nyata dihidupmu
Setiap orang yg hidup intim dengan sumber pengetahuan dan berjuang keras utk mendengar serta mencondongkan hati terhadap didikan, akan memiliki kepandaian, terutama kepandaian yg berkaitan dengan pengenalan kepada Allah. Hikmat pengenalan terhadap Allah itulah yg menjadi pembeda hidup orang dekat Tuhan dengan hidup orang berdosa. Pengenalan akan rencana Allah, pengenalan tentang kuasa kasihNya, pengenalan terhadap kesetiaan dan kebesaran Nya merupakan sebuah anugerah khusus yg menghantar setiap orang menikmati berkat dan kemuliaan-Nya yg  berlimpah serta kekal yg membuat setiap orang percaya memiki hidup yg bermakna dan yang sejati. Kualitas hidup seperti itulah yg menopang kita saat goyah iman, menghiburkan kita saat gelisah dan tetap berpikir jernih saat kita tertekan. Itulah sebabnya Tuhan bersabda: "Umat-ku hidup berlimpah karena mengenal Allah, Hosea 4:6 ). Amin,  ( Doaku menyertai saudara, Pendeta  HR Hutapea, STh, MA )



Tidak ada komentar:

BUKU KEHIDUPAN

Haleluya!! Saudaraku, mari menikmati hari ini dengan doa dan puji untuk mengukir karya mulia demi hormat dan keagungan DIA Yang Maha Tinggi,...