Sabtu, Mei 19, 2018

SELAMAT HARI PENTAKOSTA

Hari ini gereja merayakan hari raya Pentakosta, hari perayaan turunnya Rohkudus, hari raya Panen. Sejak peristiwa turunnya Rohkudus, gereja berkembang tidak terbendung. Kehadiran-Nya sungguh dahsyat ajaib. Didalam kehadiran-Nya nampak kuasa dan kasih-Nya yang hebat untuk manusia. Tuhan mau penyelamatan manusia dilakukan secepat mungkin dan optimal. Nampak dengan jelas bagi kita tujuan Rohkudus itu turun adalah untuk menolong manusia menjalankan tugas sebagai saksi dengan memanifestasikan kuasa Allah, bukan utk yang lain lain. Hal itu penting sebab banyak orang Kristen yang berpikir keliru dengan berkata bahwa dirinya penuh Rohkudus, tetapi nihil  indikasi.. Sebab itu Alkitab memberikan gambaran atau indicator yang jelas dan lengkap tanda orang yang penuh Rohkudus. Dan melalui renungan ini kita belajar beberapa indikator tersebut, yaitu:
1. Orang yang penuh Roh kudus pasti lebih Mengutamakan mencari kerajaan Allah daripada yg lain ( Mat 6:33). 2. Orang yang penuh Roh kudus pasti lebih sanggup berkata "ya" atau "Tidak" dan konsekwen dengan pilihannya (Mat 5:37). 3. Orang yang penuh Roh kudus pasti memelihara kehidupan yang suci dengan memelihara iman yg teguh (Mat 3:37). 4. Orang yang penuh Roh kudus pasti berusaha memegang teguh setiap janjinya yang diucapkannya.( Pengkotbah 5: 4-5). 5. Orang yang penuh Roh kudus pasti mengetahui yang terbaik sekaligus memilih yang terbaik itu dari pada yang lain {Lukas 10:42)
Rohkudus itu adalah Pribadi. Mempunyai kehendak pikiran dan perasaan. Dia mengetahui isi hati setiap orang. DIA memberkati setiap orang yg hidup sesuai kehendak-Nya dengan melimpahinya rezeki dan hidup yang berkemenangan. 
Firman Tuhan hari ini kembali menegaskan hubungan berkat dengan ketaatan, hubungan urapan dengan kesungguhan, hubungan hati yang tenang dengan hidup berserah kepada Tuhan, dan hubungan bertubuh sehat dengan melayani pekerjaan Tuhan dengan totalitas. Tuhan mengaruniakan kemampuan karena berjalan bersama Tuhan dan firman-Nya. Semua itu dapat kita buktikan jika dilihat dari simbol Roh kudus di Alkitab yang semakin mendorong kita untuk membuka hati dipenuhi Rohkudus, serta meyakinkan kita, bahwa harus nampak perbedaan gaya hidup orang yang benar dengan gaya hidup orang yang tidak percaya. Yaitu, Roh kudus digambarkan sebagai air. Air itu membersihkan, menyucikan dan membawa kesegaran. Kemudian digambarkan seperti burung merpati. Merpati itu tulus, jinak enak, dipandang dan termasuk burung yg sangat setia. kemudian digambarkan sebagai api yg memberi kehangatan tetapi juga sebagai api yg membakar dan membersihkan dosa. Hati dan pikiran dibersihkan, dituluskan dan dihangatkan serta diluruskan.
Orang penuh Roh kudus itu pasti berubah. Dia akan berkemenangan, diberkati hebat dan bahagianya berlimpah. Dia akan memelihara kesucian, hidup didalam pertobatan dan kehadirannya dinantikan  banyak orang. Roh kudus itu adalah pribadi lain dari Tuhan yg Mahakuasa. Sebab itu biarlah kita selalu dipenuhi Roh kudus karena kuasa-Nya hebat luarbiasa. Bersama Roh kudus kita akan menjadi pemenang, haleluya. Itulah sebabnya Roh kudus dicurahkan. Selamat Pentakosta, Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

BUKU KEHIDUPAN

Haleluya!! Saudaraku, mari menikmati hari ini dengan doa dan puji untuk mengukir karya mulia demi hormat dan keagungan DIA Yang Maha Tinggi,...