Selasa, April 18, 2017

JANGAN GIGIT TANGAN YG MEMBERI MAKAN

Yehezkiel 17:1-20

Oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Demi Aku yang hidup, Aku pasti menimpakan atas kepalanya sumpahnya kepada-Ku, yang dipandangnya ringan dan perjanjiannya di hadapan-Ku, yang diingkarinya.

Aku akan memasang jaring-Ku untuk menangkap dia dan di dalam perangkap-Ku ia akan terjebak; Aku akan membawa dia ke Babel dan di sana Aku akan beperkara dengan dia, karena ia berobah setia terhadap Aku.
Ada pesan pepatah dari old American proverb yg berkata:

"Don't bite the hand that feed you - jangan menggigit tangan yg memberi engkau makan..." Pesan pepatah itu ternyata didasari oleh Firman Tuhan. Disitu terkandung sifat setia, bersyukur dan tau membalas budi. Anjing disebut sebagai binatang yg setia sekalipun termaksud binatang buas, sebab walau anjing selapar laparnya, tdk akan pernah menggigit tangan tuannya yg telah memberi dia makan. Bahkan anjing itu akan mengikuti dan menjaga rumah orang tersebut. Berbeda dgn jenis binatang lain seperti macan, singa atau harimau, seberapa taatnya dia dilatih, dia tetap binatang buas, jika terdesak atau tergoda, tuannyapun bisa diterkam dan dicabik cabik.

Kalau dikaitkan dengan perkawinan juga sangat erat kaitannya dengan penghianatan. Seringkali janji setia runtuh ditengah jalan. Dan kita tahu kesetiaan dibuktikan bukan pada saat bulan madu, tapi pada saat kering kerontang, atau pada saat kemakmuran luar biasa. Saat kering kerontang pasangan berpikir untuk mencari yang lain yang mampu membebaskan dia dari situasi yang kering tersebut. Dan saat makmur pasangan mulai tidak puas dengan pasangannya dan mencari orang yang dapat memuaskannya menikmati kemakmuran. 
Tuhan mengumpamakan Israel spt puncuk pohon aras di Libanon, kemudian dibawa ke kota perniagaan, ditanam, dirawat dekat mata air yg berlimpah, bahkan dilindungi oleh sebuah bedeng sbg kubu perlindungan... namun ketika begitu berlimpah, pohon anggur itu mulai berubah setia, mulai memandang dan mencari 'pujaan rajawali yg lain...' Berhianat, tidak tau diri!!!

Firman Tuhan berkata: "... Dari satu puncuk pohon aras di Libanon, diambil dan ditanam dikota perniagaan, tapi berubah dan bertumbuh menjadi pohon anggur yg berbuah lebat. Saudara, Kenapa puncuk pohon aras berubah jadi pohon anggur? Dimana bedanya? Pohon aras di Libanon bisa tumbuh dengn liar dan tumbuh dgn sendirinya, sedangkan pohon anggur akan sangat bergantung dari perawatan dan pemeliharaan tuannya, sang petani anggur. Inilah yg harus disadari oleh semua anak anak Tuhan, kita semua ini sangat tergantung dengan pemeliharaan tangan Tuhan. Kita tdk mampu berdiri sendiri, kita butuh Tuhan setiap waktu dan sanggup menghasilkan buah lebat dan manis.


Sebagai umat Tuhan kita perlu mewaspadai kedagingan yang cenderung mudah berhianat.  Kita sering lupa dan lengah ketika kelegaan dan kelimpahan terjadi, kita sering mudah berubah setia. Seorang suami yg berubah setia seringkali terjadi ketika semua sudah mulai membaik, keadaan menjadi baik, pekerjaan baik, pelayanan baik, kesehatan baik,... tiba tiba kedagingannya berteriak 'pandang ke kiri dan ke kanan...' itulah benih ketidak setiaan. Untuk sifat seperti ini Tuhan dengan tegas berkata melalui Yehezkiel:

"...Ya, ia memandang ringan kepada sumpah dan mengingkari perjanjian. Sungguh, walaupun ia menyuguhkan hal itu dengan berjabat tangan, tetapi ia melanggar semuanya itu, maka ia tidak dapat luput.
Oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Demi Aku yang hidup, Aku pasti menimpakan atas kepalanya sumpahnya kepada-Ku, yang dipandangnya ringan dan perjanjiannya di hadapan-Ku, yang diingkarinya karena ia berobah setia terhadap Aku."

Betapa sakralnya sumpah setia dihadapan Tuhan, jgn sekali kali kita (saudara dan saya) memandang ringan sumpah setia!!! Jgn pernah menggigit tangan yg memberimu makan... jika anjing saja bisa berlaku setia, apalagi anak anak kerajaan Surga, berlakulah setia.
Setia kpd Tuhan dan Firman-Nya. Setialah terhadap gereja-Nya. Mulailah berlaku setia kpd istrimu, setia kpd suamimu, setia kpd atasan atau boss mu dipekerjaan, setia kpd negaramu.

Dgn demikian, kesetiaan akan menjadi DNA yg mengalir didlm darahmu, sama spt yg mengalir didlm darah Kristus yg setia sampai mati...

Sehingga ketika kita berdiri dihadapan Tahta Pengadilan Anak Domba Allah, yg terdengar dari Tahta itu adalah:

"...Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu." (Matius 25). 
Kristus itu setia, setiap orang Kristenpun wajib setia, Haleluya

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...