Senin, Juli 04, 2016

SIAPAKAH NAMA ANDA?

Yunus 1:1-17
ayat 3: Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis,jauh dari hadapan Tuhan;
Saat orang tua memberi anaknya nama, pasti ada visi dan harapan dibalik nama anak tersebut. Baik yang berkaitan dengan orang tua, terutama yg berkaitan dengan diri, hidup dan masa depan anak tersebut. Hal yang sama barangkali juga menginsfirasi bapa-ibu Amitai. Anaknya diberi nama Yunus, artinya merpati. Harapannya, Yunus hidup seperti karakter seekor burung merpati. Baik hati dan penampilan menarik serta disukai semua orang. Setia pada teman atau pasangan serta kudus dan tulus.
Yunus namanya, merpati artinya. Namun sayang, sikap Yunus tidak sepadan dengan arti namanya. Saat Tuhan memanggil dan mengutusnya, Yunus lebih turut kata hati dari pada taat kepada Bapa di Sorga. Dari pada pergi ke Niniwe, Yunus lari ke Tarsis. Dibenaknya, penduduk Niniwe jahat dan lalim sebab itu tidak layak menerima anugerah pengampunan Tuhan. Bagi Yunus, kota Niniwe harus dibumi hanguskan dan penduduknya harus dibinasakan. Tuhan memahkotai Niniwe dengan anugerah, Yunus menghendaki Niniwe binasa. Pikiran Yunus ini belakangan hari menguasai pikiran kelompok ISIS dan membinasakan kota itu. Bahkan kuburan Yunus itu pun dihancurkan sehingga rata dengan tanah dan tak lagi ada bekas.
Sikap Yunus yang egois serta kebenciannya kepada orang lain juga banyak menguasai orang Kristen saat ini. Antipati dan tak sudi melihat orang lain diberkati mewarnai relasi dan komunikasi umat gerejawi. Pada hal semua orang Kristen dipanggil menjadi teladan dalam sympati dan tindakan yg berbudi. Karena itu adalah karakter Kristus.
Renungan ini mengajar kita supaya hidup selaras dengan iman. Tetap tegar disegala keadaan dan dan tak goyah saat menghadapi pencobaan. Ketika Yunus berubah dan mengambil keputusan untuk hidup sesuai arti namanya, yakni jadi merpati yang jinak, Tuhan memberkati berlimpah-limpah. Namanya masyhur dan menjadi berkat besar bagi Kota Niniwe dan penduduknya. Melalui perubahan Yunus yang radikal, Tuhan dimuliakan secara luar biasa, itulah goal kehidupan orang percaya
Apakah selama ini saudara heran dan tak menemukan jawaban dari kegagalan anda? Sudah bekerja keras dan melakukan banyak hal, tetapi hasilnya menegcewakan? Renungan ini memberi jawaban bagi saudara!!!
Siapakah nama anda dan apakah arti nama anda tersebut? Jika nama anda mengandung doa, harapan dan bermakna luhur, apakah anda sudah hidup sesuai arti yang terkandung dalam nama anda itu? Apakah saudara taat kepada Bapa dan rencana-Nya yang indah? Apakah engkau selalu membuka pintu maaf kepada orang lain? Saudara, selaraskanlah kehendak anda dengan kehendak Allah. Sebab walau kelihatannya kehendak Tuhan bertentangan dengan jalan pikiran saudara, ketahuilah, rencana Tuhan lah yang terbaik. Waktu-Nya adalah waktu yang terbaik. Buang segala bentuk pikiran dan perbuatan yg bertolak belakang dengan nama anda. Katakanlah "ya" kepada Tuhan. Itulah rahasia keberhasian anda!!!.
Hari ini Tuhan mau  memulihkan sekaligus memberkati saudara. Bertobatlah seperti Yunus yang kemudian menyesal dan bertobat. Buanglah kebencian dan taburlah kasih sayang. Lenyapkanlah dendam dan berikanlah pengampunan. Saat Yunus taat kepada Bapa dan hidup selaras namanya, Yunus diberkati. Demikian juga halnya dengan kita. Pemulihan dan berkat akan dicurahkan asal kita bertobat total, dan bertobat mulai hari ini juga. Jangan tunda sampai besok sebab besok memiliki tangtangan tersendiri. Amin. (doaku menyertai saudara, Pdt Haposan Hutapea,STh,MA)

MOTTO PELAYANAN GBI ALETHEIA PAMULANG
RESPONSIVE; COMPREHENSIVE,
TRANSFORMATIVE;  INNOVATIVE (RCTI)

Responsive
Setiap kebutuhan Pelayanan anggota jemaat diusahakan dipenuhi tanpa
memihak. Karena selain memiliki tanggungjawab kepada gereja, anggota
jemaat pun memiliki hak untuk dilayani oleh gereja

Comprehensive
Seluruh bentuk penggembalaan bersifat solutive, bebas dari segala bentuk pertimbangan yang bersifat subyektif.
Mendampingi,Menghargai, memberdayakan mereka yang terlupakan

Transformative
Jemaat Aletheia dirancang menjadi jemaat yang innovative sekaligus creative.
Tdk menutup diri terhadap sgl bentuk perkembangan yg menuju kpd kebaikan.
Jemaat Aletheia adalah ’umat’ , berarti semua anggota memiliki hak yang sama
Transparan dalam segala dimensi pelayan

Innovative
Jemaat Aletheia dirancang melakukan inovasi dalam Organisasi, Pelayanan
Dan Perbendaharaan gereja,sehingga mampu bertahan di segala bentuk tantangan
pelayanan sekaligus Unggul dalam Mewujudkan Kemuliaan bagi Nama Tuhan.

Shalom saudaraku yang diberkati Tuhan Yesus Kristus.
Jika saudara rindu mengembalikan milik Tuhan untuk membantu pelayanan kami, kirimkan Persembahan anda ke rekening GBI Aletheia Pamulang di BCA nomor: 4731438557, a/n Tenni kimin/Haposan. (Bukan nama peorangan)
Jika saudara menyadur renungan ini untuk warta gereja, secara etis teologis anda tentu rindu untuk saling memberkati dengan membantu pelayanan kami, sebab kami masih ber- ibadah di RUKO sewa, Tuhan Yesus Memberkati.

  

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...