Senin, September 26, 2016

DAMPAKNYA SIGNIFIKAN

  Jakobus 5:12-20
Kalau ada seorang diantara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa (ayat 13).
Di dalam hidup ini, kita seringkali diperhadapkan dengan banyak masalah. Anehnya walau masalah tersebut kelihatannya sangat sepele, sukar SEKALI diatasi jika hanya mengandalkan mengandalkan logika. Bahkan semakin dipikir,. masalah justeru semakin bertambah.
Kenyataan tersebut menyadarkan kita bahwa ada kekuatan diluar logika manusia yang layak dijadikan sebagai pegangan disetiap keadaan. Dan dalam pengalaman iman, banyak orang percaya berlimpah  dengan sukacita karena mendapatkan jalan keluar karena mengandalkan kekuatan tersebut. Kekuatan dahsyat tersebut ialah doa.
Alkitab  mengajarkan bahwa berdoa itu mudah dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Doa itu kuasanya tidak terbatas dan tidak dapat dibatasi oleh apapun. Berdoa itu mudah tidak perlu pintar menghafal dan tidak harus dilakukan dalam ritual formal ibadah. Oleh sebab itu, kita tidak boleh membuat doa itu sebagai alternatif terahkir dalam mengatasi persoalan. Doa harus menjadi prioritas!!. Mengapa berdoa itu begitu menentukan dan harus menjadi prioritas utama kita? Marilah kita melihat kepada Tuhan Yesus sendiri.
Waktu Yesus dibaptis, Yesus berdoa (Luk 3:21). Ia pun berdoa di atas gunung dan melakukan doa semalaman (Luk 6:12). Sebelum memilih murid-muridNya Yesus  tidak lupa berdoa. Ia juga melakukan doa secara pribadi dan doa bersama-sama murid-muridNya (Luk 9:18-28)). Ketika penderitaan akan dimulai. Dia berdoa di Getsemani (Mat 26:36). Dan ketika Yesus mau menyerahkan nyawaNya Ia tidak lupa berdoa. Pun Ia menyuruh semua umatNya supaya tekun berdoa (Luk 18:1-8). Dari rangkaian ayat-ayat di atas kita dapat menemukan kebenaran bahwa doa adalah bagian dari iman. Sementara iman itu tidak dipisahan dari hubungan-hubungan. Doa membuat orang berpaut dengan Allah. Dan Orang yg berdoa adalah orang yang  memiliki persekutuan dengan orang lain
Orang yang berdoa adalah orang yang mengasihi  Tuhan. Dan orang yang mengasihi Tuhan pasti mengasihi orang lain dan diri sendiri. Dan karena kasih itu, seseorang berdoa. Ia mendoakan orang lain karena ia mengasihi orang tersebut. Ia mendoakan orang lain karena ia rindu orang lain semakin diberkati. Orang yang memuliakan Tuhan, meninggikan dan menyembahNya melalui doa, Dengan berdoa ia percaya kepada Tuhan yang tidak dilihatnya. 
Sebagai umat Tuhan mari kita bertekun saling menopang dalam doa. Mari kita selalu mempercayakan seluruh anggota keluarga kita dengan berdoa. Mari kita dukung tempat kita mengabdi melalui doa. Semua pergumulan sidang jemaat dan pergumulan gereja kita dapat kita dukung dengan berdoa. Dengan berdoa kita mendapatkan kekuatan. Dengan berdoa kita mendapatkan jawaban dan kepastian. Sebab itu, walau kelihatannya sepele dan tidak selaras dengan logika, tetaplah berdoa. Berdoa itu mudah, namun pengaruhnya dahsyat, AMIN.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...