Minggu, Oktober 09, 2016

HIDUP AKUR, REZEKI BERLIMPAH

Kejadian 11:1-10
mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya
Saudara! Membangun hubungan yang rukun itu sangat sulit., tetapi itu harus. Sebab hidup yang harmoni dimulai dengan rukun. Hidup rukun merupakan impian setiap orang. Hidup rukun membuat semua orang bahagia, hidup ribut membuat diri sendiri sengsara. Dalam rukun ada rekonsiliasi, ada kata maaf, ada penerimaan yg tulus. Ada pemulihan hubungan yg retak kemudian ada kesepakatan untuk saling menopang. Intinya didalam sebuah hubungan yang harmoni ada transformasi relasi. Didalam relasi yang pulih tersebut masing-masing akan berkata: "bukan kamu yang salah melainkan aku". Mereka sama-sama mengutamakan teman sekaligus merendahkan hati masing-masing. Itulah esensi murid Kristus, tak ada yang lain. 
Hidup damai, rukun dan harmonis merupakan sebuah kualitas hidup impian setiap orang. Banyak rukun, banyak berkat, tidak rukun tidak ada berkat sebab Allah tidak hadir. Hidup rukun itu sangat penting. Namun saat ini keadaan seperti itu semakin hari semakin langka bahkan cenderung mendapatkan tantangan besar. Damai dan rukun hilang dari lingkungan sosial masyarakyat, dari keluarga, bahkan dari lingkungan gereja. Tak bisa dipungkiri, gaya hidup modern membuat kasih antar sesame terhidrasi, hilanglah empaty, terkiskislah toleransi dan punahlah silaturrahmi .
Apa jadinya jika sebuah keluarga atau gereja terpecah? Damai pasti hilang. Tak ada lagi harmoni, setan leluasa menawan tiap umat.
Harus diakui setiap orang memiliki keunikan tersendiri yang tidak mudah untuk bersatu dalam kebersamaan. Ada gesekan, ada penolakan bahkan ada pertengkaran. Dan disitulah dibutuhkan nilai pengampunan. Sebab bersama Tuhan Yesus Kristus dan dengan dilandasi pemahaman berlimpahnya berkat, setiap orang akan mengusahakan dan mewujudkan terciptanya kerukunan.
Hidup bersatu menghasilkan mujizat yang dahsyat. Hasilnya tak terhitung dan dampaknya sangat signifikan. Oleh sebab itu mari kita berpulih menghampiri saudara kita, membuka hati dan menjabat tangannya dan saling berkata, "Tuhan mengasihi kita".  Haleluya, AMIN.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...