Sabtu, Agustus 13, 2016

TAHUN SORAK- SORAI


Mazmur 82 : 1-8 
“Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan!” (ayat 3)
Orang yang tidak punya uang bisa kehilangan sukacita. Sebab peran uang dalam hidup manusia sangat penting. Sebab semua kebutuhan manusia hampir selalu berkaitan dengan uang. Ada uang ada makan, ada uang ada papan, ada uang ada sandang bahkan leluasa jalan-jalan. Dan hal itu sangat manusiawi. Namun penyebab utama hilangnya sukacita seseorang bukanlah tak punya uang, melainkan karena kehilangan Keintiman dengan Tuhan. Artinya walau banyak uang dan walau sudah meraih yang diinginkan, sukcita dapat hilang dan berganti dengan kekosongan.
Mengapa orang yang hidup jauh dari Tuhan kehilangan sukacita? Sebab sumber sukacita yang benar itu berasal dari Tuhan yang mengalir melalui keintiman dengan-Nya. Pemahaman dasar tentang Tuhan yang Maha Kuasa dan Maha Pencipta segala susatu haruslah dimiliki setiap orang percaya. 
Bagaimana kita bersikap supaya selalu dekat Tuhan? Kita perlu melakukan dua hal:
PertamaMencari Tuhan. 
Apakah yang dimaksud dengan mencari Tuhan itu? Mencari Tuhan itu ialah mengambil keputusan untuk hidup di dalam ketaatan terhadap kehendak Tuhan dan merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara seperti itu Tuhan yang tidak kelihatan itu dapat terjelma melalui sikap hidup yang selaras dengan norma-norma dan nilai-nilai luhur agung dan manusiawi. Hal itu berarti orang yang mencari Tuhan adalah orang yang mengambil keputusan untuk menjadi motivator kebaikan bagi lingkungannya tanpa membawa symbol-simbol agama sehingga bebas dari segala bentuk prasangka negative dari orang lain. Intinya,  spiritualitasnya tidak hanya sekedar ritual belaka, tetapi bermuara kepada tindakan nyata. Tak ada kepalsuan apalagi kemegahan diri. Intinya ialah aplikasi kasih Kristus (Mat 22:37-39)
Kedua, Mencari manusia. 
Apa yang dimaksud dengan mencari manusia? Ayat yang di atas memberi jawaban, bahwa mencari manusia ialah menangisi sesama yg dibelenggu keterbatasan terikat dosa dan dicengkeram oleh kuasa kegelapan. Orang yang mencari manusia berarti menopang mereka yang masih goyah dalam iman. Intinya mencari manusia ialah mencari yang hilang sekaligus memberdayakan mereka.
Dari dua hal tersebut, tersirat panggilan untuk berkorban. Yakni berkorban melalui daya, dana, dan waktu untuk pekerjaan Tuhan. Selanjutnya ialah siap berkorban untuk ditertawakan seperti Kristus karena melakukan tugas suci yang bagi kebanyakan orang merupakan pekerjaan sia-sia.
Setiap Tahun yang kita jalani adalah tahun sorak sorai, demikian juga ditahun yang kita jalani saat ini. Ditahun ini Tuhan membuat kita bersukacita karena kita selalun sehat dan terpelihara. Bahkan dalam iman kita yakin akan semakin  bersorak-sorai karena pekerjaan, usaha, bisnis serta pelayanan kita akan mengalami kemajuan yang dahsyat.  Oleh sebab iu mari kita selalu siapkan sarana pendukung untuk tahun sorak-sorai tersebut dengan cara taat firman-Nya dan cari sesama. Sebab itulah bukti utama kita taat pada kehendak-Nya. Anda rindu bersorak-sorai? Taatlah pada firman dan kehedaknya,  Amin.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...