Kamis, Maret 31, 2016

MAKNA SEBUAH TUJUAN

 ( Markus 16:9-20 )
Pergilan keseluruh dunia, britakanlah injil kepada segala mahkluk (ay 15).
Di dalam sebuah pertandingan, tujuan utama ialah menjadi yang pertama. Dan untuk menjadi yang pertama harus  unggul di setiap tahapan laga. Sebab itu dibutuhkan persiapan, ketrampilan, strategi dan kerjasama dengan orang lain.
Di dalam ke-kristenan yang diutamakan adalah bukti iman, yakni kebaikan. Kebaikan adalah aplikasi iman dan wujud dari pertobatan dan hidup baru. Hal itu berarti taat melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus. Ke-taatan melaksanakan Amanat Agung tersebut  terlihat melalui kesaksian yang nyata dimana jiwa-jiwa dibawa kepada Tuhan. Kemudian tampak melalui kualitas karya yang dihasilkan serta ethos kerja yang ditunjukkan dan nilai-nilai yang dianut. Amanat Agung bukanlah tugas individu melainkan tugas bersama dan dikerjakan terus menerus. Untuk itu dibutuhkan kemampuan untuk bekerjasama. Dalam kerja sama perbedaan pemikiran tidak tabu. Bahkan kritik sekalipun harus dibuat sebagai koreksi. Protes dibuat menjadi evaluasi dan prestasi adalah momentum untuk  kontemplasi supaya terhindar dari usaha bermegah diri. Artinya tuaian yg besar tercipta karena kerjasama yang erat dengan berbagai pihak. Tuhan menebus kita supaya masuk kepada rencana-Nya yang kekal, yakni diberkati untuk memberkati. Untuk sampai pada muara rencana Bapa tersebut, kita harus menunjukkan dua hal, yaitu:
Memiliki iman yang sejati. Supaya memiliki iman sejati seseorang harus menjadi murid yang sejati. Ia harus berlatih sebagai murid dan dilatih oleh guru sejati yaitu Yesus Kristus. Artinya seorang murid sejati harus mengkonsumsi fooding rohani yakni Firman Allah. Saat firman disampaikan, kita membuka hati, siap ditegur dan diperbaharui. Jika dosa tersingkap, kita betobat. Takluk dan tersungkur. Tidak boleh nanduk melainkan tunduk karena firman adalah suara Tuhan Yesus Kristus.
Memiliki Buah Sejati. Iman orang percaya tidak boleh berhenti cuma sebagai benih. Tetapi bertumbuh  terus sampai berbuah. Orang Kristen yang memuliakan Tuhan terlihat melalui buah yang dihasilkan. Dalam perjalanan waktu akan ketahuan buah tersebut matang di pohon atau matang karbitan. Buah yang matang dipohon manis sekaligus menyegarkan, sementara buah yg matang dikarbit terasa sepat dan membuat gigi jadi ngilu. Buah sebagai murid Kristus itu dapat dibagi dengan empat bagian, yaitu: Buah pertobatan, yaitu hidup yang diperbaharui sampai akhir. Buah jiwa-jiwa, yaitu memenangkan jiwa-jiwa yang terhilang. Buah pelayanan, yaitu melayani Tuhan sampai akhir (Yohanes 15:27).Hidup yang berbuah terjadi hanya dengan pembaharuan oleh Roh kudus dan kesadaran akan tanggung jawab sebagai umat tebusan Kristus. Yang terakhir ialah buah roh. Pandangan hidup diubahkan, cara berelasi disempurnakan dan motivasi dikuduskan.
Visi Pelayanan setiap gereja ialah bertumbuh terus sampai kepada kesempurnaan, seperti rancangan Tuhan Yesus Kristus. Bertumbuh dan berbuah menjadi berkat besar. Untuk bertumbuh setiap anggota jemaat bertobat dan dibaharui Rohkudus. Kemudian anggota jemaat bergerak membawa minimal satu jiwa dalam satu tahun. Injil harus diberitakan dan kebenaran harus disampaikan (1 kor 9:16). Dan untuk mewujudkan visi tersebut dibutuhkan pengorbanan, komitmen, totalitas dan ketaatan akan Amanat Agung.
Semua gereja Tuhan dirancang menjadi besar. Tujuannya ialah supaya berdampak besar. Anggota jemaat Tuhan yg ter-marjinalkan harus dijangkau dan dibangun.  Kemudian diberdayakan dan menjadi berkat. Uang persembahan tidak boleh ditimbun tetapi terus disalurkan. Dengan demikian setiap jiwa menjadi sejahtera sehingga setiap kota ditempat gereja tersebut tumbuh dipenuhi kemuliaan Tuhan Yesus Kristus, Demikianlah tujuan Tuhan Yesus Kristus kita, Haleluya. Dengan mengutamakan Tujuan Tuhan, kita akan dibimbing menemukan tujuan hidup kita masing-masing. Dan dengan focus ditujuan hidup yang dirancang Tuhan tersebut, kita akan maksimal serta berdampak besar dan diberkati berlimpah. Itulah tujuan kita, Amin

Shalom saudaraku yang diberkati Tuhan Yesus Kristus.
Jika saudara rindu mengembalikan milik Tuhan untuk membantu pelayanan kami, kirimkan Persembahan anda ke rekening GBI Aletheia Pamulang di BCA nomor: 4731438557, a/n Tenni kimin/Haposan.
Jika saudara menyadur renungan ini untuk warta gereja, secara etis teologis anda tentu rindu untuk saling memberkati dengan membantu pelayanan kami, sebab kami masih ber- ibadah di RUKO sewa, Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...