Rabu, Agustus 03, 2016

KELUARGA IDAMAN

                                                                     Maleakhi 4 : 5-6
Maka ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anak kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah (ayat 6).
Tuhan akan memukul bumi karena tidak ada pemulihan di keluarga!!! Mengapa demikian? Jawabnya ialah, karena keluarga adalah lembaga pertama yang dirancang dan didirikan Allah untuk melanjutkan tugas kesaksian dan mengelola bumi ini. Sebab jika keluarga Kristen gagal menjalankan kehendak Allah akan bedampak buruk terhadap kehidupan itu sendiri. Itulah sebabnya, Tuhan Allah harus dihadirkan sekaligus menjadi pemipin yang harus ditinggikan di setiap keluarga. Firmannya harus menjadi dasar sekaligus tolak ukur setiap keputusan etis keluarga. Mengapa Ia harus hadir dan menjadi pemimpin utama disetiap keluarga Kristen?
Pertama, karena harapan saat berkeluarga sering-kali bertolak belakang dengan kenyataan. Pria- wanita yang menikah pasti memiliki harapan yang tinggi terhadap pasangannya. Mereka berharap dengan hidup bersama, akan leluasa menikmati hidup yang indah, nyaman serta menyenangkan. Memang dalam segala hal, memiliki pengharapan ini penting, tetapi harus realistis. Umpamanya, seorang isteri boleh berharap suaminya sukses karir dengan memiliki ini dan itu. Punya gaji besar dan memiliki banyak hal, tetapi harus realistis. Sebaliknya setiap suami boleh berharap tinggi terhadap isterinya, baik fisik dan emosinal, tetapi harus realistis. Hal itu penting supaya ketika yang diharapkan tidak kenyataan, tidak sampai kecewa, marah dan menyesal. Ingat, berpikir realistis bukan berarti tanda orang tersebut tidak beriman!
Kedua, karena berkeluarga berarti belajar mengatasi masalah.
Pertengkaran dan kesalahpahaman merupakan ancaman yang potensial untuk sebuah pernikahan. Itulah sebabnya setiap pria dan wanita yang menikah harus orang yang sudah dewasa. Baik dewasa fisik, rohani dan kedewasaan berpikir. Dengan kedewasaannya, setiap orang tidak selalu fokus kepada masalahnya tetapi fokus pada usaha untuk menyelesaikannya. Mereka mampu berpikir jernih, sanggup berempati bahkan selalu termotivasi membangun pasangan.
Ketiga, karena godaan supaya keluarga jauh dari Tuhan itu sangat besar.
Setan tidak pernah ingin melihat sebuah pernikahan Kristen berbahagia. Karena pernikahan Kristen yang bahagia membuat gerakannya semakin tak leluasa. Setan membuat berbagai macam cara untuk mengahncurkan pernikahan Kristen tersebut, salah satu caranya ialah dengan membuat pasangan lebih focus kepada kepentingan diri sendiri dari pada kepentingan bersama. Selain itu setan mengecoh supaya keluarga menjauhkan diri dari persekutuan dan melupakan ketetapan Firman-Nya. Setan menawan hati dan pikiran manusia agar terbuai dengan kemewahan dan germelapnya dunia. Setan  menawan manusia sehingga lebih percaya ilmu pengetahuan dari pada firman Tuhan. Setan menumbuhkan asumsi palsu dengan berkata, ilmu pengetahuan modern sangat cukup mengatasi masalah setiap orang.
Tuhan Yesus Kristus memang akan segera datang !!!. Tetapi jika Tuhan datang, Ia merindukan setiap keluarga sudah mengalami pemulihan. Suami dan isteri saling mengasihi. Anak-anak menghormati orangtua. Dan orang tua memahami dan mendukung anak-anaknya untuk mengekspresikan jati diri.
Tuhan ingin memberkati bumi. Dan hal itu terjadi jika setiap anggota keluarga saling memberkati. Peranan kaharmonisan keluarga sangat erat kaitannya dengan selamat atau hancurnya bumi. Sebab itu mari kita selaraskan nilai-nilai keluarga dengan firman Tuhan. Mari setiap angota keluarga untuk memberi diri dipulihkan dan saling mengampuni di dalam Tuhan Yesus Kristus. Selamat Menjadi keluarga idaman, Amin ( Doaku menyertai saudara, Pdt haposan Hutapea, STh, MA)

Pokok Doa: Tuhan Tuntun dan peliharalah keluarga kami, sebab hanya engkau yang sanggup menolong kami. Hari ini dan utk selamanya kami undang Tuhan Yesus Kristus sebagai kepala rumah tangga kami, terpujilah nama-Mu. Amin

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...