Senin, Agustus 01, 2016

TAATLAH KEPADA TUHAN !!!

( Kejadian 15:1-6 ) 
Maka firman-Nya kepadanya:
 “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, (5c-6a)
Apakah yang membuat  Abraham  menjadi bapa Iman dari tiga agama Monotheis? Ada yang berkata karena pengorbanannya yg luar biasa. Yang lain berkata karena imannya yang hebat. Yang lain lagi berkata karena sikap sosialnya yang diatas rata-rata. Semuanya betul, tidak salah. Tetapi alasan yang mendasar sekaligus yang paling utama ialah sikap Percaya dan ketaatannya terhadap setiap firman yang didengarkan. Abraham tidak hanya mendengar firman tetapi taat dan melakukan firman tersebut. Saat menghampiri mezbah Allah, Abraham datang dengan korban persembahan, kemudian saat Tuhan ber Firman, Abraham mendengar serta berjalan sesuai dengan firman tersbut (Kejadian 12:1-3).
Allah memanggil Abraham untuk rencana khusus, yaitu membangun sebuah komunitas beriman dan yang mengagungkan Allah yang Esa. Untuk tugas tersebut dia menunjukkan totalitas. Abraham tidak hanya sekedar berkata tentang kebenaran, melainkan mewujudkan kebenaran itu dalam kehidupan sehari-hari. Dia melangkah didalam iman, bertindak karena iman dan menikmati upahnya sebagai orang ber iman  (Kejadian 15:1-6). Dia percaya kepada Allah yang Esa,  meninggalkan kepercayaan kepada ilah yang jamak.
Sebenarnya setiap kali perintah Allah datang, Abraham selalu masuk dalam posisi tidak aman. Contoh, saat disuruh meninggalkan tanah kelahiran menuju Suatu negeri yang jauh dan belum jelas, saat mendengar janji  bahwa keturunannya akan seperti bintang dilangit dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa, dan saat Abraham diperintah untuk mempersembahkan Ishak anak yang sudah lama dirindukan.  Namun walau dalam posisi yang tidak aman, dia tetap taat!!! Dan saat Abraham taat, rasa tidak aman berubah menjadi aman. Abraham menikmati upah ketaatannya (Ibrani 11:6). Haleluyah...!
Allah memanggil kita taat masuk dalam rencan-Nya, Namun saat ini banyak orang Kristen membaca Alkitab secara teratur, beribadah dengan tekun bahkan sudah aktif melayani, tetapi tidak menunjukkan perubahan. Kenapa demikian? Jawabannya ialah, karena kita tidak mau taat kepada firman dan tidak melakukannya.
Perubahan pasti terjadi jika kita tekun membaca dan mendengar firman Tuhan serta taat melakukannya. Melalui ketaatan ada kepastian, ada damai dan harmoni dikeluarga. Orang yang taat akan menikmati kesembuhan serta menikmati pemulihan. Sebab itu jangan keraskan hatimu, katakan "ya" kepada setiap firman Tuhan, Amin.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...