Rabu, Februari 03, 2016

BERKAT YANG LUAR BIASA

Mazmur 105:23-45
Kuasa Tuhan yg nyata pasti membuat setiap orang takjub. Mukjizat yang dinyatakan-Nya pasti membuat kita heran penuh kekaguman. Nama Yesus Kristus yang mulia pasti membuat semangat kita selalu bangkit dan menjadi teladan. Firman-Nya yang berkuasa pasti membuat kita yakin meraih masa depan. Dan Roh kudus yang dahsyat pasti memampukan kita memiliki hikmat sehingga kita lebih dari pada orang berhikmat. Semua orang Kristen menyadari keajaiban kasih dan kuasa Tuhan tersebut. Namun sayang orang Kristen seringkali hanya ingin menikmati Pernyataan kuasa dan mujizat Allah dengan mencari manifestasi kuasa sehingga cenderung melupakan yang lebih penting, yakni keselamatan yang seutuhnya. Memang, setiap orang lebih suka yang bersifat fenomenal dan menakjubkan. Pada hal Tuhan itu menghendaki yang sangat sederhana, yaitu keselamatan jiwa kita. Itulah sebabnya orang yang berhak menikmati kuasa dan mukjizat Allah hanyalah orang yang memiliki kualifikasi tersendiri. Kualifikasi tersebut dapat dibagi dengan dua bagian, yaitu :
Pertama, kualifikasi rohani. Orang yang mengalami kuasa dan mukjizat Tuhan,  adalah orang yang sudah menanggalkan kedagingannya. Hidupnya sudah mengalami pembaharuan. Dia pasti sudah hidup didalam roh, suka mendengar Firman, dan taat kepada kebenaran. Sehingga, walau godaan bagai bandang yang tak pernah henti, ia tetap kokoh tak tergoyahkan. Walau orang fasik berpesta dalam kemewahan, ia tetap tegar di dalam kekudusan. Matanya selalu tertuju pada kekekalan. Ia paham, kedagingan itu adalah seteru roh oleh sebab itu harus ditinggalkan. Firman Tuhan mengatakan, daging memang lemah tetapi roh penurut (Matius 26:41). Mesir dan lingkungannya adalah symbol kedagingan, Dan perbudakan Israel adalah symbol kehidupan didalam daging. Tidak berdaya, susah setiap hari serta masa depan suram. Setiap orang Kristen harus bertobat. Sama seperti orang Israel harus keluar, demikian juga orang Kristen harus keluar meninggalkan dosa serta kedagingannya. Dan Kuasa Tuhanlah satu-satunya penolong untuk melakukannya. Tak ada yang lain !!
Kedua, kualifikasi jasmani. Orang yang menikmati kuasa dan mukjizat Allah  adalah orang yang memiliki mental prima. Tandanya adalah pekerja keras, giat dan bersemangat baja. Semangatnya bagai energy gunung berapi yang tak pernah henti. Ia tidak undur walau sekitarnya berlaku buruk. Ia yakin, imannya akan menghasilkan buah. Ia percaya setiap perbuatan baik yang dia lakukan pasti diperhatikan Tuhan. Dan satu ketika akan menuai perbuatan baik tersebut (Galatia 6:2,10). Ia tidak menyerah terhadap segala macam bentuk tantangan. Orang Kristen sejati tidak akan membiarkan orang lain menggoyahkan iman dan semangatnya. Ia mendeteksi kelemahan dan berjuang keras mengubahnya. Dia tidak membiarkan kesulitan membuatnya berhenti. Ia yakin keberhasilan pasti tercapai sebab sadar dirinya berlimpah energi Tuhan. Orang kristen sejati mengakui, iman tanpa aplikasi hanyalah sebuah ilusi (Yakobus 2:26)
Saudara, kemenangan yang seutuhnya itu diwartakan Tuhan sejak dahulu kala. Tuhan mengutus hamba-hambanya agar semua orang mengalaminya. Ia sampaikan Firman-Nya. Ia nyatakan mujizatnya. Ia curahkan kasih-Nya supaya manusia melakukan kebenaran-Nya. Sebab itu biarlah orientasi segala kehidupan kita senantiasa mengarah ke pada Tuhan. Kemenangan oleh kuasa dan mujizatNya akan terus melingkupi kita. GBU all. Amin.



  

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...