Kamis, Juli 21, 2016

NYALAKANLAH PERCAYAMU

Lukas 8 : 43-48 
Maka kataNya kepada perempuan itu : “Hai anakKu, imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!” (ayat 48) 
Percaya kepada Allah merupakan sebuah kualitas hidup orang Kristen. Sukar tetapi harus! Dampaknya dahsyat tak terkira. Yang mustahil menjadi mungkin. Yang kelihatannya masih samar menjadi nyata. Tuhan menebus manusia supaya menjadi percaya. Tuhan ingin melihat manusia leluasa menikmati penggenapan rahasia rencana Tuhan tersebut. Tuhan menyediakan berkat yg tak terbatas untuk setiap orang percaya. Itulah sebabnya, orang percaya tidak boleh mudah terpengaruh oleh apapun termasuk mengenai kebutuhan hidup itu sendiri. Tuhan Yesus Kristus adalah satu-satunya kekuatan untuk mengatasi tekanan hidup. Kuasa dan kasih-Nya lebih besar dari apapun. Biarlah pengharapan kita selalu mekar dan semakin kokoh bagaikan sauh yang menahan gelombang. Tidak ada kesedihan yang dapat memadamkan sukacita kita. Tak akan ada pergumulan yang dapat membuat kita larut dalam keputusasaan. Tuhan Yesus Kristus Maha Sanggup untuk menopang, Maha Empaty untuk menghibur, Maha setia memberi yg kita butuhkan dan Maha Murah utk membuat kita menikmati  kebahagiaan sejati. Puji Tuhan
Melalui nats hari ini ada beberapa hal yang dapat kita pelajari, yaitu:
Pertama, perempuan ini mengajak setiap orang agar tetap percaya meskipun situasi tidak lagi memungkinkan orang untuk percaya. Sebagai orang beriman ia tidak menyerah oleh keadaan. Sebaliknya, perempuan itu menyadari, dibalik krisis masih ada pengharapan. Dibalik penyakit masih ada mujizat. Dibalik kemiskinan masih ada peluang. Perempuan itu yakin Kristus adalah Tuhan yang Sejati. Di dalam Dia selalu ada kemenangan dan jalan keluar. Tuhan Yesus Kristus adalah Allah yang selalu tepati janji.
Kedua, melalui pengalaman perempuan tersebut, kita diberikan pemahaman baru bahwa didalam dunia ini tidak ada pilihan lain selain mempercayai Tuhan. Orang yang percaya kepada Tuhan, pasti menikmati mujizat, yaitu mujizat yang unik spesifik dan bersifat pribadi. Pesimisme lenyap, semangat baru kembali mekar, surya pengharapanpun kembali bersinar, Haleluyah.........!
Ketiga, melalui kesembuhan perempuan tersebut kita mengetahui, jika kita belajar menghormati orang lain, mujizat akan terjati. Kita akan menikmati upah yg luarbiasa. Orang yg jujur mengakui keterbatasannya, akan menikmati upahnya dan orang yang toleran kepada orang lain akan selalu mendapat dukungan dari orang-orang yang disekitarnya. 
Memang menjadi orang percaya total itu tidak mudah, selalu ada hal yang suka membuat kita ragu dan goyah. Setan, ego dan pikiran manusia selalu bekerja. Namun sebagai orang Kristen yg sudah dibaharui Rohkudus, kita harus terus berusaha dan belajar untuk mempercayakan hidup kita kepada Tuhan. Sebab percaya  kepada Tuhan akan membuat seseorang masuk kezona kemenangan dan kemuliaan. Saat kita tetap percaya, kita akan dimampukan mengatasi masalah demi masalah. Satu persatu tetapi sampai tuntas, Dahsyat.  Itulah sebabnya pengenalan kepada Tuhan Yesus Kristus itu sangat fundamental.
Perempuan yg di nats ini tetap percaya. Dia tidak perduli dengan orang-orang. Dia tidak focus pada pendarahan yang sudah belasan tahun tetapi hanya focus kepada Tuhan. Perempuan itu membangun kepercayaannya dan bertindak dengan kepercayan tersebut dan sembuh. Kesembuhan melalui perpaduan percaya dan perbuatan. 
Berapa lama dan beratpun masalah yang kita dihadapi, asal kita datang dengan sungguh-sungguh, kita pasti mendapatkan pertolongan sekaligus kelegaan, Oleh sebab itu, Percayalah.... Amin. (doaku menyertai saudara , Pdt Haposan R Hutapea STh, MA)

           

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...