Kamis, Januari 19, 2017

JALUR BERKAT YG TAK PUTUS

Amsal 20:1-7 
Orang benar yang bersih kelakuannya berbahagialah keturunannya." Dalam terjemahan King James berkata: Orang benar yg berjalan didlm integritas-nya, diberkatilah keturunannya.
Semua orang tua merindukan anak cucu nya diberkati Tuhan. Panjang umur, sehat, berhasil dan berbahagia. Dan itu adalah janji Tuhan. Tetapi sudahkah ada perkara yg kita buat supaya janji dan rencana Tuhan itu dinikmati oleh anak cucu kita?  Untuk memastikan itu hanya satu yg perlu kita miliki, yaitu berjalan didlm integritas! Iman dan perbuatan harus selaras!! ( Jacobus 2:17 ).
Integritas itu berarti tdk dikotak kotakkan. Artinya, orang yg berjalan didlm integritasnya tdk membuat 'hidup di gereja' berbeda dgn 'hidup dirumah' atau berbeda dgn 'hidup didunia usaha'!
Dalam hal inilah seringkali orang percaya menjadi batu sandungan. Sebab hidup di luar gereja berbeda total dgn hidup digereja atau diatas mimbar. Saya menemukan begitu banyak istri yg mengeluh dan menangis sebab suaminya yg adalah pelayan Tuhan, tapi lebih mirip dgn setan di rumah. Atau sebaliknya, istri yg begitu luar biasa digereja tapi hidupnya menjadi batu sandungan buat banyak orang.  Hal yang sama ditunjukkan orang percaya atau hamba Tuhan yg hidup berbeda di gereja dgn didunia usaha. Kecurangan, penipuan, penghianatan, kepalsuan dll semua itu bentuk nyata dari tdk adanya integritas pada orang Kristen.
Kenapa integritas orang percaya tidak nampak didunia usaha? Apa penyebabnya? Jawabannya ialah karena didunia usaha ada 'UANG'. Dan firman Tuhan berkata, cinta akan uang adalah akar segala kejahatan, Itulah faktor yang menggerogoti integritas anak anak Tuhan yg terungkap didunia usaha!
Jika saudara ingin sungguh-sungguh belajar utk berjalan didlm integritas, hal pertama yg harus kita lakukan adalah belajar JUJUR dgn uang! Ingat ayat diatas dlm terjemahan KJV berkata: "The just man walketh in his integrity‎..." The just itu lebih tepat diterjemahkan sebagai 'orang jujur atau adil...' dari kata dasar 'just' dibangun satu kata 'justice atau keadilan'. Mustahil utk kita mau belajar hidup dgn integritas jika kita tdk berani berlaku jujur dgn uang. Mudah bagi saya utk bicara tentang 'kejujuran soal keuangan' tapi mempraktekannya jauh lebih sulit. Menjadi seorang Kristen yang memiliki integritas tersebut bukanlah perkara yang mudah. Sering kali kita harus mengalami kerugian besar, bahkan dengan tetesan air mata. Tetapi semua itu merupakan benih yang kita tabur utk memberkati anak cucu. Dan hal itu sesuai dengan janji Tuhan sendiri, Orang jujur yg berjalan dgn integritas-nya, akan menuai dengan sorak-sorai, keturunannya diberkati.
Sebab itu mari kita belajar utk memperbaiki kelakuan, berlaku adil, tulus dalam segala hal. Mari berusaha untuk mempercakapkan kebaikan orang. Tak ada yang benar seorang pun tidak. Sebagai orang percaya kita harus tampil beda. Sebab Tuhan tahu segala sesuatu yang kita lakukan. Semua bentuk kebaikan yang kita tabur tak pernah sia-sia. Tuhan selalu memperhitungkannya. Kebaikan adalah benih unggul yang harus kita tabur. Dan dalam perjalanan waktu, benih itu akan menjadi pohon yang tumbuh ditepi batang air yang pasti menghasilkan buah yang berlimpah. Buah yang lintas musim untuk anak cucu kita. generasi generasi ilahi, Haleluya. Amin.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...