Kamis, Juli 20, 2017

PELAYAN KEHIDUPAN

Yehezkiel 44:14-6
Aku menetapkan mereka untuk bertugas di Bait Suci dan melakukan segala pelayanan yang berhubungan dengan itu dan melakukan segala sesuatu yang perlu di situ. (AY 14)
Semua orang Kristen dikaruniakan Tuhan keterampilan untuk melayani.  Tetapi tidak semua orang mau memberikan diri utk panggilan Tuhan tersebut.  Mreka lupa bahwa melayani pekerjaan Tuhan merupakan anugerah khusus bagi orang percaya
Itulah sebabnya setiap orang perlu mempersiapkan diri. Baik secara rohani, phisik dan membangun hubungan hubungan. Yaitu….
Siap menjadi berkat besar. Setiap orang Kristen saat menunaikan pekerjaan disemua lingkup kehidupan diutus supaya menjadi berkat besar. Baik dilingkungan gereja dan di luar gereja. Menjadi berkat besar itu berati melakukan tugas bukan hanya sekedar nya saja melainkan dengan segenap hati. Artinya hati, pikiran dan tenaga dipersembahkan utk pekerjaan dan pelayanan. Melayani dengan segenap hati itu sangat penting. Dan itu berlaku diseluruh asfek hidup orang percaya. Karena saat melakukan dengan segenap hati itulah Tuhan memperhitungkannya sebagai sebuah pelayanan yg perlu diapresiasi. Tiba2 dipercaya kan tugas2 besar, tiba2 di promosi atau tiba2 dapat rezeki ekstra. Haleluya
Siap menjadi sesame dengan orang lain. Salah satu sumber utama masalah manusia adalah berkaitan dengan hubungan dengan sesama. Suka lupa bahwa setiap orang memiliki perasaan yg sama menjadi faktor utama. Suka lupa bahwa orang lainpun adalah ciptakan Tuhan dan dikasihi. Suka lupa bahwa orang lain pun memiliki kebutuhan yang sama, dan suka lupa bahwa semua orang menuju tempat yg sama. Tuhan bersabda, bahwa kepekaan menyadari hal tersebut mendatangkan kemurahan serta kebahagiaan. Setiap bentuk kepentingan diri harus disingkirkan. Semua orang memiliki pertimbangan sendiri. Setiap orang memberi kebebasan buat sesamanya, karena naluri manusia adalah kebebasan. Artinya, setiap orang perlu menghargai dan dihargai. Dirimu dan diriku membutuhkan kedua2nya. Syarat nya adalah kualitas hubungan antara diriku, dirimu dan dirinya.
Siap berperang setiap waktu. Secara naluri dan moral semua orang rindu hidup dalam kebenaran. Saat bekerja, ingin bekerja dengan keras, saat bertugas ingin menunaikan tugas sampai tuntas, saat berdagang ingin berdagang dengan jujur, saat bersaing ingin men jalaninya dengan integritas. Bahkan saat membantu sesama , ingin melakukan dgn tulus. Walau demikian hambatan tetap saja datang. Motiv bisa berubah sekejab, karakter luhur berubah menjadi kalkulasi untung rugi. Utk itulah firman Tuhan hari ini sangat aktual. Kita tidak boleh tawar hati. Bersama Yesus Kristus kita harus bangkit melawan dan menang. Kita dipanggil bukan hanya hidup dalam kebenaran tetapi juga mengalahkan kejahatanOrang yang mencoba mendikte hanya karena kita adalah seorang pelayan harus kita luruskan. Perpaduan antara kasih, adil dan ketegasan harus sejalan. Haleluya. Tak seorangpun boleh mengikat kita untuk alasan apapun, sebab kita adalah milik Kristus. Kita sudah dilegakan. Tetapi semuanya tidaklah instan. Dalam proses itu kadang jatuh dan kadang bangun. Namun justeru disitulah nampak niat dan kerinduan kita utk memasuki zona visi Tuhan. Sebab itu jangan lemah teruslah berjuang, karena mengikut Tuhan itu pun full perjuangan. 
Melayani Tuhan itu bukan sekedar mengisi jadwal. Karena jadwal hanyalah sebuah system untuk menjalankan tugas para penatalayan. Melayani Tuhan itu berarti memberikan waktu, tenaga pikiran dan hati untuk ikut memikirkan sekaligus turut berjuang meningkatkan pelayanan yang Tuhan sediakan. Hal itu berarti saat memiliki jadwal atau sedang tidak memiliki jadwal, seorang pelayan harus memberikan kontribusi aktifnya ‘melakukan segala pelayanan yang berhubungan dengan itu dan melakukan segala sesuatu yang perlu di situ’ demi hormat dan kemuliaan nama-Nya. Gbu all  (Pendeta HR Hutapea, STh, MA). 

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...