Sabtu, Juni 02, 2018

IBADAH YANG MEMBERKATI


Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar, supaya Ia jangan murka dan kamu binasa di jalan, sebab mudah sekali murka-Nya menyala. Berbahagialah semua orang yang berlindung pada-Nya! ( Mazmur 2:11-12)
Shalom…! Beribadah itu berbeda dengan perkumpulan sosial, seperti arisan, sosialita atau perkumpulan lainnya. Beribadah itu menghampiri Tahta suci Ilahi dengan membuka hati sekaligus memberi diri. Beribadah itu memuji yang Maha tinggi, mempersembahkan syukur sambil menyembah dalam roh dan mengakui segala sikap hati dan tingkah laku yang jahat disetiap hari yang dilalui. Esesnsi beribadah itu memberi tetapi menerima. Upah beribadah itu luarbiasa. Saat beribadah kita memohon pengampunan Allah sehingga luput dari murka-Nya yang dahsyat kemudian DIA pelihara sehingga kita berbahagia. Itulah sebabnya kita dipanggil beribadah dengan takut gemetar. Apa yang harus kita perbuat supaya selalu beribadah dengan takut dan gemetar?.
Artinya beribadah itu harus sungguh2, hormat, ekspresif.
Beribadah dengan ungguh sungguh berarti khusuk, focus kepada Tuhan. Jiwa harus segar. Roh ngantuk saat ibadah harus diusir. Sebab itu malam Minggu jangan bergadang. Tidur teratur harus juga menjadi gaya hidup org Kristen.Tidur teratur malam hari itu sangat penting. Karena waktu tidur itulah tubuh bisa istirahat. Sebab itu tidur harus berkualitas. Saat bangun tubuh segar sehingga selalu  melakukan bagian dengan semangat. Bagaimana tidur yg berkualitas itu? Pertama, Tidur didalam Tuhan, dengan cara bersyukur dan berserah. Kedua, tidur tepat waktu supaya mampu bangun pagi sebelum matahari terbit. Bangun sebelum mentari terbit itulah waktu bangun yg TUHAN kehendaki. Jiwa segar, tubuh sehat, kerja semangat, pikiran fresh bibir mulut bersenandung pujian, rezeki mendekat. Haleluya.
Beribadah dengan hormat berarti menghargai hadirat-Nya dan menyadari Mata dan kuasa-Nya hadir ditempat ibadah. Hormat saat beribadah berarti tidak melakukan hal-hal lain selain memuja dan memuji DIA yang Mahakuasa. Mengaku dosa dengan jujur. Orang jujur diihargai Tuhan, tetapi pembohong, pembual dan pendusta TUHAN tidak suka. Alasan utama Tuhan tidak suka tentu saja karena berseberangan dengan sifatnya Tuhan. Perkataan TUHAN selalu ditepati dan sangat terbukti sementara perkataan pembohong kosong semata. Maka berbahagialah setiap orang yg selalu berserah kepada Tuhan. Dia akan menikmati berkat spesial, yaitu hidup yg lebih baik. 'Kaki dusta' itu pendek, artinya dusta yg rapi sekalipun cepat atau lambat pasti ketahuan. Jadi jangan ada lagi dusta diantara kita, haleluya.
Beribadah dengan ekspresif itu berarti antusias. Menyanyi itu harus antusias. Saat menyanyi adalah saat kita memuja meng-agungkan Tuhan. Dan saat kita mengagungkan Tuhan saat itulah impartasi kuasa dan mujizat-Nya melawat kita. Hal yg sama juga harus menjadi warna doa kita. Berdoa itupun perlu antusias. Doa itu besar kuasa, update dan keren. Didalam doa seluruh keluh kesah beban dapat kita curahkan. Didalam doa pujian dan syukur kita panjatkan. Berdoa dgn menjerit dan menangis jangan malu sebab Raja Daud melakukan hal yg sama juga. Daud membasahi ranjang nya saat berdoa (Maz 6:1-8) Perpaduan hati yang menjerit, percaya, takluk dan berserah membuat doa yg kita panjatkan sampai pada tujuannya. Dahsyat..
Saudaraku, mari kita nikmati setiap rangkaian ibadah dengan antusias penuh sembah puji kepada Tuhan Yesus Kristus karena terbukti berkat ibadah seperti itu sangat besar. Amin ( HR Hutapea, STh, MA)


Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...