Sabtu, April 27, 2019

HALELUYA, PUJI TUHAN.


Ulangan 4:1-40
Hati-hatilah, supaya jangan kamu melupakan perjanjian TUHAN, Allahmu, yang telah diikat-Nya dengan kamu ... (Ulangan 4:23)
Hidup yg bermakna, yang berbahagia dan yang berhasil adalah hidup didalam Tuhan. Ada perbedaan yg sangat mencolok hidup di dalam Tuhan dengan hidup diluar Tuhan. Hidup didalam Tuhan berlimpah jaminan pemeliharaan, hidup diluar Tuhan hampa tak punya harapan, dicengkeram kuasa kegelapan dan di murkai Tuhan. Hidup didalam Tuhan berarti berpikir dan dan bergerak sesuai Firman-Nya, hidup diluar Tuhan berarti hidup semaunya sendiri. Hidup didalam nama Tuhan Yesus Kristus kekuatan kita sangat berlimpah limpah. Semangat dan pengharapan kita selalu menyala. Mentari pagi selalu akan terbit utk setiap orang percaya. Saat ada jalan yg menanjak tinggi, hal itu mendorong kita supaya lebih berlari sambil mengerahkan setiap potensi diri. Saat harus melewati jalan berbatu, kita dipanggil lebih berhati hati sambil mengurangi laju. Saat kita bimbang karena di dalam perjalanan ada jalan bercabang, kita tahu tujuannya adalah supaya kita ikut tuntunan Tuhan. Saat bertemu dengan orang ‘aneh’ kita tahu bahwa kita harus bertindak cerdas dan awas seperti yang Tuhan pesan. Saat situasi disekitar jauh dari rasa aman, kita merasa ada permusuhan, ada sikap anti tanpa dasar, Tuhan memanggil kita utk tetap tenang, waspada sambil terus nenabur kebaikan. Orang yang hidup didalam Tuhan tidak boleh takut berlebihan karena Kristus dan kuasa kebangkitan-Nya selalu menyertai kita. Itulah sebabnya Tuhan Pemilik Hidup itu memanggil semua orang memilih hidup didalam Tuhan. Apakah yang harus kita lakukan sebagai orang yang hidup didalam Tuhan? Hari ini kita akan belajar tiga hal, yaitu:
Teruslah menabur benih unggul. Banyak menabur dan menabur benih unggul, penuaian besar pasti terjadi. Dan kesaksian tentang hidup didalam Tuhanpun terjadi. Tuhan memanggil kita bersaksi tentang keajaiban pertolongan yg kita alami. Tuhan menghendaki kita menyaksikan keajaiban kekuatan kuasanya yg menopang kita saat mengalami tekanan atau beban hidup berat. Diberkati supaya menjadi saksi dan teruslah menjadi saksi supaya semakin diberkati. Haleluya…
Hidup taat selaras iman. Salah satu kesalahan orang Kristen adalah karena hanya focus pada kasih dan kebaikan Tuhan tetapi lupa bahwa DIA juga Tuhan yg Maha Adil. Akibatnya kita mudah berkata "Haleluya " tetapi lupa berkata "aku telah berdosa..."! sehingga saat kita merasa semua sudah okey, ternyata Tuhan tidak berkenan. Saudara, berucap Haleluya dan hidup suci itu sejalan, selaras tidak berbenturan. Ketaatan terhadap firman Allah yg tertulis didalam Alkitab merupakan satu satunya kunci menuju pintu kehidupan yang lebih baik. Karena didalam Alkitab itu disediakan petunjuk petunjuk terbaik utk melakukan segala sesuatu. Maka sangat perlu membaca dan merenungkan Alkitab tersebut.
Berdoa dan bekerja keras. Minta tolong itu boleh, tetapi harus berjuang lebih dahulu. Tuhan menebus kita supaya mandiri tidak farasit. Sebelum minta tolong, berusahalah lebih dahulu menolong dirimu. Karena percaya kepada Tuhan itu bukan berarti berpangku tangan. Justeru semakin seseorang percaya Tuhan semakin keras dia bekerja. Setelah kerja keras dan ingin terus bekerja tuntas, itulah saatnya kita angkat tangan minta campur tangan Tuhan. Maka jika saat seperti itu kita angkat tangan, Tuhan akan segera mengaruniakan pertolongan-Nya, perkara ajaib dengan hasil yg ajaib akan kita alami.
Saudara, satu-satunya sumber pertolongan kita hanya TUHAN YESUS KRISTUS. Jangan ragu dan jangan mengeraskan hati, segera selaraskan perkataan dan perilaku, lebih cepat lebih baik.. Utk masalah apapun dan dalam situasi yg bagaimanapun DIA layak dipercaya. DIA 'kalah' supaya kita menang, DIA mati supaya kita hidup, DIA miskin supaya kita kaya, DIA terhina supaya kita terhormat. Itulah manfaatnya hidup didalam Tuhan, Haleluya Puji nama Tuhan Yesus Kristus.(Pdt. HR Hutapea)

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...