Kamis, April 07, 2016

BERTUTUR JUJUR, BERTINDAK TERUKUR

(Yosua 1:6 - 9)
......maka engkau akan berunung dan berhasil ( ayat 8b)
Tuhan mengetahui kegagalan anda. Ia juga mengetahui bahwa anda sedang diambang putus assa. 
Anda sudah berjuang dengan luar biasa. bekerja dari pagi sampai malam hari. Anda sudah menghubungi semua relasi yang anda miliki. Andapun sudah memakai metode muktahir anda..., tetapi anda tidak mengasilkan apa-apa! Anda gagal dan putus asa?
Saudara, Jangan putus asa! Putar haluan anda saat ini juga! Hampiri hadirat-Nya dan katakan kepada Tuhan: "Tuhan, aku membutuhkan Engkau. Aku sudah berdosa karena menyombongkan diri dihadapan-Mu. Selama ini saya mengandalkan kekuatanku dan hikmatku. Ternyata mengandalkan diriku sendiri sia-sia tak menghasilkan apa-apa. Kini saya berserah kepada-Mu".
Saudara, jika dihadapan Tuhan Yesus Kristus engkau bertutur jujur, itu sebuah langkah manjur bukan langkah mundur. Dan jika kemudian engkau menaikkan mazmur untuk bersyukur, engkau akan dibimbing-Nya bertindak terukur, dibuat-Nya engkau makmur dan engkau akan menikmati panjang umur. Percayalah!!
Saudara, jika anda sudah melakukan bagian Tuhan dan hidup sesuai metodenya Tuhan, engkau akan menikmati tuntunan-Nya yang membawa kemenangan. Tuhan Yesus Kristus akan menyatakan kuasa-Nya yg dahsyat itu didalam pekerjaan dan hidup anda. Dia akan terus mengurapi dan menolong anda dengan penyataan-Nya yang luar biasa. Haleluya.
Dalam nats diatas dituliskan: Janganlah engkau lupa memperkatakan Taurat ini tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati.sesuai dengan segala yg tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung (Yosua 1:8)
Ada tiga  hal yg kita temukan dari ayat ini yg dapat kita aplikasikan dalam hidup sehari-hari, yaitu:
Pertama, perpalingan kepada firman Tuhan dan membuat firman tersebut sebagai dasar dan rambu nilai untuk setiap akifitas sosial akan membuat kita menikmati standar mutu rohani serta kualitas penghasilan yang jauh lebih baik. Hasil yang kita dapat berlipat ganda dan kita leluasa menikmati hasil tersebut.
Kedua, perpalingan kepada firman Tuhan dan membuat firman tersebut sebagai dasar dan rambu nilai akan mendorong kita untuk bertindak hati-hati, cerdas dan kreatif. Firman Tuhan akan memampukan kita meng-ekselerasi tugas dan panggilan hidup masing-masing. Bersama Tuhan dan firman-Nya kita akan sukses, tetapi diluar Tuhan dan firman-Nya, kita pasti gagal dan menjadi pecundang ( Yesaya 42:6a).
Ketiga, perpalingan kepada firman Tuhan dan membuat firman tersebut sebagai dasar dan rambu nilai akan memastikan setiap perjalanan menunaikan panggilan, baik sebagai pelayan Tuhan, sebagai karyawan, sebagai pebisnis dan sebagai anggota keluarga akan berhasil. Yang lemah menjadi kuat, yang kurang pendidikan akan berhikmat dan yang tersesat akan menemukan jalan bahkan bagian tubuh kita yang sakit akan dipulihkan (Mazmur 107: 17-20)
Sejak dahulu kala, mulai dari zaman, Abraham, Ishak dan Yakub sampai zaman sekarang semua kesaksian menegaskan, tak ada yang sia-sia mengikut Tuhan Yesus Kristus. Angin kencang memang kerap mengancam, hujan dan badai pun sering menghadang, tetapi semuanya menghasilkan pelangi kehidupan yang indah. Haleluya. Selamat berjuang saudaraku, doaku menyertai saudara, Amin (Doaku menyertai setiap saudara, Pendeta Haposan Hutapea, STh, MA)

Pokok Doa: TuhanYesus Kristus, tolonglah aku supaya mampu membangun hidupku sesuai dengan nilai-nilai iman seperti yang Engkau firman kan di Alkitab, Amin.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...