Selasa, April 26, 2016

D a p a t D i p e r c a y a

(Maz 81:1-17)
Tetapi umatku akan kuberi makan gandum terbaik dan dengan madu dari gunung batu Aku akan mengenyangkannya (17)
Disetiap situasi, kita dituntut mampu mengambil keputusan yang tepat dan bertindak cepat. Karena hasil yg maksimal seringkali berkaitan  dengan kecepatan dan ketepatan mengambil keputusan. Itulah sebabnya, kualitas orang dapat dilihat saat ia mengambil keputusan.
Bangsa Israel merupakan sebuah contoh yang membuktikan betapa eratnya hubungan antara keputusan dengan hasil. Saat menghadapi ancaman, mereka sangat cepat mengambil keputusan, tetapi sayang, sesat!!. Mereka berlindung kepada pemerintahan Mesir yang kuat dengan pasukannya yang gagah perkasa dan perlengkapan perangnya yang canggih. Bagi bangsa Israel, bangsa Mesir itu berkuasa, pintar serta  berpengalaman perang. Mereka sangat yakin, dengan berlindung ke Mesir mereka akan selamat dan menjadi pemenang, namun sayang mereka takluk dan tertawan.
Setiap kita memiliki masa lalu dan memiliki berbagai pengalaman. Ada pengalaman yang membuat kita tersenyum adapula pengalaman yang membuat kita tertunduk malu. Namun bagaimana pun bentuk pengalaman masalalu itu, Tuhan mengajak kita memakainya sebagai sarana untuk mengembalikan seluruh keberadaan, tujuan hidup, motivasi kita kepada Tuhan. Masa lalu yg pahit dan kalah dapat kita pakai untuk meng-amini bahwa didalam kekalahan sekalipun tangan dan kuasa Tuhan menopang dan memberi kekuatan sehingga kita ada sampai hari ini. Selain itu pengalaman pahit tersebut dapat kita telusuri penyebab kita kalah, sehingga dihari ini dan besok kita tidak kalah lagi.
Pengalaman yang indah dan keberhasilan dapat kita buat sebagai pedoman bahwa bersama Tuhan dan dengan motive yg tulus serta dengan kerendahan hati, kita bisa lebih berhasil lagi dihari ini dan dihari esok. Itulah sebabnya Tuhan berkata di ayat 11: Akulah Tuhan Allahmu yang menuntun engkau keluar dari Mesir. Saat di Mesir mereka terpuruk tak berdaya, Tuhan bertindak. Saat melintasi Laut Kolsom mereka bersoraksorai karena Tuhan membela mereka. Artinya Tuhan mengajak setiap umat  berteduh diri dan mengakui bahwa Tuhan itu setia dan selalu layak dipercaya, Heleluyah!!!
Saat keadaan terjepit betapa sering kita mengalihkan perhatian hanya kepada kekuatan sendiri. Kita mencoba mengatasi masalah sendiri tetapi dengan mengabaikan Tuhan. Dari pada berbalik kepada Tuhan seringkali kita lebih mengandalkan pengalaman. Dari pada berseru kepada Tuhan, kita bergegas menghubungi saudara dan teman. Itulah sebabnya Tuhan berkata: “ ingatlah saat kamu di Mesir.....!! Artinya, saat kita berpaling kepada yg lain, hal itu mendukakan hati Tuhan, dan kita akan semakin terpuruk. Tetapi saat kita datang kepada Tuhan, maka Tuhan Yesus Kristus akan memberi kita makan makanan terbaik, dan minum madu yng menyegarkan dan memberi kekuatan baru, luar biasa!!!. Tuhan Yesus Kristus,  Dia lah satu-satu nya yang  layak kita percayai, tidak ada yang lain..
Saudara, mari kita terus membangun kepercayaan kepada Dia yang Maha Kuasa sekaligus mempercayakan diri, keluarga, usaha pekerjaan, dan masa depan kita kepada-Nya. Dialah satu-satunya yang layak dipercaya dan Dia berkuasa  melindungi secara sempurna setiap orang yang mau mempercayakan diri kepada-Nya. Rasul Paulus berkata: “..... aku tahu kepada siapa aku percaya” (II Timotius 1:12). Maka Percayalah, sebab Tuhan kita Yesus Kristus layak dipercaya,  AMIN.

Shalom saudaraku yang diberkati Tuhan Yesus Kristus.
Jika saudara rindu mengembalikan milik Tuhan untuk membantu pelayanan kami, kirimkan Persembahan anda ke rekening GBI Aletheia Pamulang di BCA nomor: 4731438557, a/n Tenni kimin/Haposan.
Jika saudara menyadur renungan ini untuk warta gereja, secara etis teologis anda tentu rindu untuk saling memberkati dengan membantu pelayanan kami, sebab kami masih ber- ibadah di RUKO sewa, Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...