Sabtu, April 08, 2017

LEMBUT HATI

Yeremia 44:15-18 "...Lalu menjawablah kepada Yeremia semua orang laki-laki yang tahu bahwa isteri mereka membakar korban kepada allah lain, dan semua perempuan yang hadir di sana, suatu kumpulan yang besar, yakni segala rakyat yang diam di tanah Mesir dan di Patros, katanya:
"Mengenai apa yang kaukatakan demi nama Allah kepada kami itu, kami tidak akan mendengarkan engkau,
tetapi kami akan terus melakukan segala apa yang kami ucapkan, yakni membakar korban kepada ratu sorga dan mempersembahkan korban curahan kepadanya seperti telah kami lakukan, kami sendiri dan nenek moyang kami dan raja-raja kami dan pemuka-pemuka kami di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem. Pada waktu itu kami mempunyai cukup makanan; kami merasa bahagia dan tidak mengalami penderitaan.
Tetapi sejak kami berhenti membakar korban dan mempersembahkan korban curahan kepada ratu sorga, maka kami kekurangan segala-galanya dan kami dihabiskan oleh pedang dan kelaparan."

---> Ketika Yeremia terus menerus dipakai Tuhan utk menyatakan isi hati Tuhan agar umat Tuhan di Yerusalem bertobat dan meninggalkan cara hidup mereka yg menyakitkan hati Tuhan, bangsa Yehuda yg ada di Yerusalem terus menerus mengeraskan hati mereka, bahkan mereka secara serentak berkata dan sepakat demikian:
"...Tetapi sejak kami berhenti membakar korban dan mempersembahkan korban curahan kepada ratu sorga, maka kami kekurangan segala-galanya dan kami dihabiskan oleh pedang dan kelaparan."

Bangsa itu melakukan perzinahan rohani dgn membakar korban bagi 'ratu sorga' dewa dewa kekejian dimata Tuhan, namun justru mereka menemukan satu hal yg sangat mengherankan, '"...sejak kami berhenti membakar korban dan mempersembahkan korban curahan kepada ratu sorga, maka kami kekurangan segala-galanya dan kami dihabiskan oleh pedang dan kelaparan."

Ada dua dimensi yg perlu kita perhatikan dari Firman Tuhan pagi ini,

---> Yg pertama adalah, jika hatimu sudah bulat utk bertobat dan meninggalkan dosa dan cara hidup yg lama, maka dagingmu akan satu kali nanti berteriak utk memaksa engkau kembali kpd hidup yg lama... tiba tiba kekurangan dan berbagai masalah timbul SEJAK engkau memutuskan utk melangkah ke hidup yg baru... Penduduk Yehuda mengalami hal itu, mereka tiba tiba merasakan putusnya 'rasa manis' yg dulu mereka nikmati dan sekarang harus menghadapi tekanan dan berbagai masalah... Pada saat spt itu saudara perlu terus menerus belajar setia... jgn pernah berfikir utk kembali kpd dosa. Ingat sejak Israel melangkah keluar dari Mesir, ada hasrat dan keinginan utk menikmati hasil Mesir kembali dan tiba tiba sekarang mereka menghadapi tekanan, tantangan, kekurangan dll... Kuncinya adalah, sama spt Musa, tdk sekalipun Musa menyatakan ingin kembali ke Mesir, padahal dulu di Mesir Musa menikmati semua hasil Mesir jauh lebih baik dan jauh lebih manis dan mewah daripada yg dinikmati oleh budak budak Israel di Mesir. Kenapa Musa tdk tergoda utk kembali sedangkan Israel selalu ingin kembali? Sebab Musa mengenal jalan jalan Tuhan dan Israel hanya mengenal mujizat mujizat Tuhan.

---> kedua, Perhatikan satu perkara ini, inilah kebenaran yg perlu kita sungguh sungguh perhatikan, dosa seringkali manis rasanya,  "Air curian manis, dan roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi lezat rasanya." (Amsal 9:17). Ketika kita terbiasa menikmati dosa, dan jika engkau berhenti, maka 'rasa manis' itu juga akan berhenti... seorang yg terbiasa mengkonsumsi narkoba, mereka menikmati pengaruh 'manis' dari narkoba,... Dan jika mereka berhenti, maka rasa manis itu juga akan berhenti! Seorang pria yg jatuh kedlm dosa perselingkuhan, wanita lain itu akan melayaninya dgn lembut, dgn penuh cinta dan sangat memanjakannya... bibirnya terasa sangat manis... tapi begitu perselingkuhan itu berhenti, rasa manis itu akan berhenti.

Tidak ada komentar:

Kunci utk Menang

Shaĺom, Selamat pagi. Selamat menikmati pembebasan oleh kuasa Salib Kristus.  *Salib Kristus* adalah bentuk kemenangan nilai kristiani terha...